Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sandiaga Uno: Silaturahim dengan Kiai Ma'ruf Amin Bisa "Anytime", Sekarang Fokus Kawal Suara

Kompas.com - 27/04/2019, 21:09 WIB
Achmad Faizal,
Khairina

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Cawapres nomor urut 02 Sandiaga Salahudin Uno, mengaku saat ini fokus mengawal proses penghitungan suara Pemilu 2019 di berbagai daerah.

Baginya, soal silaturahim dengan Jokowi atau Ma'ruf Amin, menurutnya bisa kapan saja.

"Soal silaturahim dengan Kiai Ma'ruf Amin bisa "anytime". Yang penting sekarang kawal penghitungan suara," kata Sandiaga Uno saat meninjau rekapitulasi suara PPK Kecamatan Wonokromo di GOR Pancasila Surabaya, Sabtu (27/4/2019).

Baca juga: Pantau Rekapitulasi Suara di Surabaya, Sandiaga Uno Diteriaki Pak Wapres

Pengawalan rekapitulasi, menurutnya, untuk memastikan pemilu berlangsung jujur, adil dan bermartabat.

"Bagi kami jika pemilunya jujur adil, bukan lagi soal Prabowo-Sandi, kalah menang, tapi memastikan siapapun yang menang melalui proses yang jujur adil dan martabat," jelasnya.

Karena itu, dia meminta relawan 02 yang bertugas menjadi saksi di semua daerah yang bertugas memantau rekapitulasi suara, untuk waspada terhadap semua jenis kecurangan.

"Amankan suara 02, dan pelototi setiap prosesnya. Kita berkepentingan proses demokrasi ini berlangsung jujur dan adil," terang Sandi.

Baca juga: Maruf Amin Pastikan Akan Bertemu dengan Sandiaga Uno

Calon wakil presiden nomor urut 01 Ma'ruf Amin sebelumnya mengungkapkan rencananya untuk bertemu dengan cawapres nomor urut 02, Sandiaga Uno.

Ma'ruf menuturkan, pertemuan tersebut sedang diupayakan terjadi. Pertemuan tersebut, menurutnya, sebagai upaya rekonsiliasi pascapemilu. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com