Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Tiket Pesawat ke Bandung Mahal, Puluhan Siswa Aceh Pilih Berangkat ke Malaysia

Kompas.com - 27/04/2019, 19:52 WIB
Masriadi ,
Khairina

Tim Redaksi

LHOKSEUMAWE, KOMPAS.com – Sebanyak 52 siswa dan lima guru SMA Swasta Sukma Bangsa, Kota Lhokseumawe gagal berangkat ke Bandung untuk melakukan kunjungan studi ke salah satu sekolah di Kota Kembang itu, Sabtu (27/8/2019).

Mereka lalu berangkat ke Malaysia dengan pertimbangan harga tiket lebih murah.

Kepala SMA Swasta Suka Bangsa Kota Lhokseumawe Zubir, yang dihubungi per telepon, menyebutkan, awalnya mereka akan mengunjungi sejumlah kampus seperti ITB dan Unpad di Bandung.

Baca juga: Istana: Harga Tiket Pesawat Murah tapi Tidak Aman, Bagaimana?

Namun, setelah melihat harga tiket pesawat mereka batal berangkat dan memilih terbang ke Malaysia.

“Rencana awal, keberangkatan bulan Januari. Saat itu, harga tiket naik dua kali lipat. Saat kami berangkat kemarin harga tiket dari Bandara Kuala Namu Medan menuju Bandung berkisar antara Rp. 800.000 hingga Rp. 1.200.000. Naik menjadi 1.600.000 hingga 2.400.000 untuk sekali terbang,” sebut Zubir.

Sebaliknya, dari Bandara Kuala Namu Medan menuju Kuala Lumpur, harga tiket hanya Rp 720.000 per siswa untuk sekali terbang.

“Maka opsi ke Malaysia kami pilih. Dari pada ke Bandung, lebih mahal. Ini sungguh terasa berat bagi siswa dan guru,” kata Zubir.

Baca juga: Harga Tiket Pesawat Mahal, Peserta Kejuaraan Basket Veteran Internasional Turun Drastis

Padahal, awalnya mereka berencana untuk melihat program ekonomi kreatif yang digagas Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan mengunjungi sejumlah kampus di sana.

“Saya pikir sudah saatnya pemerintah serius mengurus soal harga tiket ini. Kami setiap tahun mengadakan studi visit ke luar Aceh, jika harga tiket begini terus, maka akan kami kunjungi luar negeri terus, karena tiketnya jauh lebih murah,” ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com