Sabtu, 63 TPS di Kota Tangerang Gelar Pemungutan Suara Ulang dan Lanjutan

Kompas.com - 26/04/2019, 15:26 WIB
Ilustrasi surat suara Pilkada 2018KOMPAS.com/JUNAEDI Ilustrasi surat suara Pilkada 2018

TANGERANG, KOMPAS.com - Sebanyak 63 TPS di Kota Tangerang, Banten, akan menggelar Pemungutan Suara Ulang ( PSU) dan Pemungutan Suara Lanjutan ( PSL), Sabtu (27/4/2019) atau hari terakhir batas pencoblosan ulang setelah 17 April.

Komisioner KPU Banten, Mashudi, merinci dari 63 TPS, 9 di antaranya adalah PSU dengan berbeda jenis pemilihan, mulai dari memilih capres dan cawapres saja, hingga hanya pemilihan DPRD Kota.

"PSU digelar karena ada beragam kesalahan saat proses pemilihan, rata-rata banyak pemilih yang tidak memenuhi syarat memilih seperti penggunaan KTP luar daerah," kata Mashudi saat dihubungi Kompas.com melalui sambungan telepon, Jumat (26/4/2019).


Baca juga: 10 TPS di Mamuju Akan Lakukan Pemungutan Suara Ulang dan Lanjutan

Sembilan TPS yang menggelar PSU antara lain, TPS 44 Kelurahan Cipondoh Indah, TPS 4 Kelurahan Larangan Indah, TPS 7 Kelurahan Jurumudi, TPS 14 Kelurahan Manis Jaya, dan TPS 49 Kelurahan Gandasari.

Kemudian berikutnya, TPS 10 Kelurahan Cimone, TPS 26 Kelurahan Koangjaya, TPS 50 Kelurahan Panunggangan Barat, dan terakhir TPS 31 Kelurahan Jatiuwung.

Sementara 54 TPS sisanya akan menggelar PSL, lantaran pada 17 April lalu sempat kekurangan surat suara untuk pemilihan DPR di Dapil III Banten.

Baca juga: Bawaslu Nduga Rekomendasikan PSU di Meborok

"Khusus untuk PSL, jumlah pemilih hanya mereka sisanya yang tidak kebagian surat suara DPR RI, jumlahnya bervariasi tiap TPS rata-rata puluhan orang," ujar dia.

Mashudi berharap, pada PSU dan PSL di seluruh TPS Kota Tangerang ini, bisa disambut antusias oleh masyarakat, minimal partisipasinya sama seperti saat 17 April lalu. Apalagi, pencoblosan besok digelar pada hari libur.




Close Ads X