Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polda Kalbar Pastikan Pelaksanaan PSU dan PSL di 18 TPS Lancar

Kompas.com - 25/04/2019, 17:17 WIB
Hendra Cipta,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

PONTIANAK, KOMPAS.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalimantan Barat, menggelar pemungutan suara ulang dan lanjutan di 18 tempat pemungutan suara (TPS), Kamis (25/4/2019).

Kepolisian memastikan, berdasarkan pemantauan yang dilakukan, pemungutan suara ulang dan lanjutan tersebut berlangsung aman dan kondusif.

"Sejauh ini untuk rangkaian pemungutan suara ulang dan lanjutan di 18 TPS di Kalbar berjalan aman dan kondusif," kata Kabid Humas Polda Kalbar AKBP Donny Charles Go, Kamis.

Baca juga: BPN Kalbar: Penghitungan Real Count Masih Belum Selesai

Dia menyebut, dari sebanyak 16.499 TPS yang ada di Kalbar, hanya 18 TPS yang menggelar pemungutan suara ulang dan lanjutan.

Itu artinya, secara umum, proses pemilu di Bumi Khatulistiwa juga berlangsung lancar.

"Dari TPS sebanyak itu, 18 TPS yang bermasalah, artinya hanya 0,11 persen. Sejauh ini situasi kondusif," ucapnya.

Selain itu, permasalahan yang menyebabkan terjadinya pemungutan suara ulang dan lanjutan juga tidak ada yang membahayakan.

"Permasalahannya sendiri hanya karena kekurangan surat suara dan permasalahan lainnya yang sudah ditangani oleh Bawaslu dan KPU,” ucapnya.

Baca juga: Seorang Anggota PPK dan Dua Petugas KPPS di Kalbar Meninggal Dunia

Sebagaimana diketahui, pemungutan suara ulang dan lanjutan di Kalbar digelar di 18 TPS, yang meliputi 4 TPS di Kabupaten Bengkayang, 3 TPS di Kabupaten Sanggau, 4 TPS di Kabupaten Sintang, 2 TPS di Kabupaten Kapuas Hulu, 2 TPS di Kabupaten Landak, 1 TPS di Kabupaten Ketapang, 1 TPS di Kabupaten Melawi dan 1 TPS di Kota Pontianak.

Lebih lanjut, rangkaian pemilu di Kalimantan Barat sampai hari ini masih dalam tahap rekapitulasi suara di tingkat Panitia Pemungutan Kecamatan (PPK), walaupun sudah banyak logistik pemilu yang dikirimkan ke KPU untuk rekapitulasi suara di tingkat kabupaten dan kota.

"Bapak Kapolda Kalbar juga hari ini patroli udara ke daerah-daerah yang menggelar pemungutan suara ulang dan lanjutan," tutupnya.

Baca juga: Pemungutan Suara Ulang dan Lanjutan di 16 TPS di Kalbar Digelar 25 April

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com