Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prabowo-Sandi Disebut Kalah Tipis di Jatim, Angkanya Rahasia

Kompas.com - 25/04/2019, 16:24 WIB
Achmad Faizal,
Rachmawati

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Badan Pemenangan Provinsi (BPP) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno Jawa Timur, menyebut pasangan nomor urut 02 Prabowo-Sandi kalah tipis di Jawa Timur. Sayangnya dia enggan memberikan angka yang menunjukkan kalah tipis tersebut.

Hasil tersebut berdasarkan formulir C1 asli yang didapat dari saksi di lapangan.

"Sementara kami kalah tipis di Jawa Timur. Kami masih verifikasi lagi hasil datanya karena masih ada penggelembungan dan kecurangan di lapangan," kata Ketua BPP Jawa Timur, Soepriyatno, Kamis (25/4/2019), kepada wartawan di kantornya.

Baca juga: BPN Prabowo: Kalau TKN Punya Bukti Kecurangan, Silakan Buktikan

Pihaknya sengaja merahasiakan angkanya karena khawatir akan dimanfaatkan pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab sehingga membuat gaduh.

Pihaknya saat ini mengaku sedang menunggu sisa formulir C1 yang belum terhitung. C1 tersebut saat ini masih dihitung ulang di tingkat kecamatan karena diduga banyak terjadi kekurangan.

"Kita sekarang sedang pusing ini. C1 asli yang harusnya sudah sampai di daerah, masih dihitung ulang di tingkat kecamatan," terangnya.

Baca juga: Ditantang Buktikan Kecurangan Pemilu 2019, Ini Respons BPN Prabowo-Sandiaga

Dia yakin, jika timnya teliti melakukan ferivikasi data C1 yang masuk, pasangan Prabowo-Sandi di Jawa Timur bisa menang. "Kita yakin bisa menang jika verifikasi dilakukan terus menerus," terangnya.

Soepriyatno mengaku tidak ambil pusing dengan klaim Tim Kampanye Daerah (TKD) Jokowi-Ma'ruf Amin Jawa Timur yang menyebut Jokowi-Ma'ruf Amin menang dengan angka 68 persen di Jawa Timur.

Baca juga: Kamis Sore, BPN Prabowo-Sandiaga Gelar Rapat soal Laporan Dugaan Kecurangan

Sebelumnya, TKD Jokowi-Ma'ruf Amin Jawa Timur mengklaim kemenangan di angka 68 persen di Jawa Timur. Data tersebut berdasarkan hasil rekap data C1 yang dikirim saksi ke Posko TKD Jawa Timur yang prosentasenya mendekati 100 persen.

Dari hasil rekap C1 yang masuk ke TKD Jawa Timur, pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin hanya kalah di 4 daerah yakni Pamekasan, Sampang, Sumenep, dan Pacitan. Hasil tersebut naik dari Pilpres 2014 yang kekalahan Jokowi terjadi di 14 kabupaten dan kota.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com