Mengaku Bisa Masukkan CPNS, Edy Tipu Korban hingga Puluhan Juta

Kompas.com - 25/04/2019, 13:40 WIB
Barang bukti penipuan rekrutmen CPNS yang diungkap Polres Blitar Kabupaten, Jawa Timur. Dok. Polres Blitar KabupatenBarang bukti penipuan rekrutmen CPNS yang diungkap Polres Blitar Kabupaten, Jawa Timur.


KEDIRI, KOMPAS.com- Kepolisian Resor Blitar, Jawa Timur, menangkap seorang pelaku penipuan rekrutmen pegawai negeri sipil yang menyebabkan kerugian puluhan juta bagi korbannya.

Selain tipu-tipu CPNS, Edy Hartono (48) pelaku asal Perum Griyaasa Kelurahan Ronowijayan, Kecamatan Siman, Kabupaten Ponorogo itu juga terlibat dalam perkara penipuan jual beli rumah dengan kerugian seratusan juta.

"Petugas melakukan penangkapan tersangka pada Rabu 24 April 2019," ujar Iptu Burhanudin, Kepala Sub Bagian Humas Polres Blitar Kabupaten, Kamis (25/4/2010).

Baca juga: Pendaftaran CPNS Provinsi Papua Dibuka, Ini Tata Caranya


Penipuan itu bermula saat korban, SM (48) warga Blitar, kenal dengan pelaku yang mengaku sebagai PNS Pemkab Ponorogo.

Pelaku mengaku mampu memasukkan CPNS karena mengaku mempunyai jatah 2 orang setiap kali ada rekrutmen CPNS.

Korban yang termakan bujuk rayu pelaku akhirnya memberikan uang sebesar Rp 35 juta agar keluarganya, DA (28), bisa jadi PNS di Malang.

Uang tersebut separuh dari Rp 70 juta sebagaimana syarat yang diminta pelaku.

Namun, hingga pengumuman CPNS keluar, apa yang dijanjikan oleh pelaku hanya omong kosong belaka.

Bahkan, pelaku terus berkelit dengan mengatakan sedang memprosesnya, setiap kali dimintai pertanggung jawaban.

Hingga kemudian, pada tanggal 23 April 2019 pelaku kembali menghubungi korban.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X