Datangi Rumah Duka Anggota KPPS, Ganjar: Perlu Asuransi Kesehatan

Kompas.com - 25/04/2019, 13:15 WIB
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo bersama keluarga menyalurkan hak pilihnya di Pemilu 2019. Mereka kompak mengenakan pakaian serba putih, Rabu (17/4/2019). KOMPAS.com/NAZAR NURDINGubernur Jateng Ganjar Pranowo bersama keluarga menyalurkan hak pilihnya di Pemilu 2019. Mereka kompak mengenakan pakaian serba putih, Rabu (17/4/2019).

SEMARANG, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo ikut berbela sungkawa terhadap petugas pemilu yang mengalami musibah saat pelaksanaan pemilu serentak 2019.

Bentuk penghormatan dilakukan Ganjar dengan mendatangi rumah Bambang Saptono (52), anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) TPS 12 Kelurahan Barusari, Kota Semarang yang meninggal dunia pada Rabu (24/4/2019) petang kemarin.

Pria 50 tahun itu pada Kamis (25/4/2019) pagi mendatangi rumah duka di Jalan Kaligarang Semarang.

"Ini jadi pembelajaran, ternyata ada faktor X yang tidak pernah tahu. Mestinya KPU memerhatikan seperti ini," ujar Ganjar.


Baca juga: Ganjar Pranowo Puas dengan Perolehan Suara Jokowi-Maruf di Jateng

Ganjar meminta KPU untuk mengurus petugas pemilu yang mengalami musibah, baik meninggal dunia atau sakit hingga di rumah sakit.

Selain hal itu, Ganjar juga menekankan perlunya jaminan kesehatan kepada para petugas pemilu saat menjalankan tugas. Jika mereka mendapat jaminan, maka dalam bekerja akan lebih tenang.

"Mungkin pertimbangkan untuk petugas seperti ini kita cek kesehatan sebelumnya," katanya.

Baca juga: Bersepeda Menuju TPS, Cara Unik Ganjar Merayakan Pesta Demokrasi

Hingga Rabu (24/4/2019), ada 32 petugas pemilu yang dilaporkan meninggal dunia. Sementara yang tengah sakit sebanyak 249 orang.

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menjanjikan santunan bagi petugas yang mengalami musibah. Pemberian santunan direncanakan pada Jumat (26/4/2019) esok. Namun besaran santunan masih belum ditentukan.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X