5 KPPS di Sumedang Diberi Penghargaan Atas Kerja Keras Selama Pemilu 2019

Kompas.com - 25/04/2019, 10:39 WIB
Ilustrasi pemilu. ShutterstockIlustrasi pemilu.

SUMEDANG, KOMPASS.com - Sebanyak lima Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara ( KPPS) di wilayah Desa Cipanas, Kecamatan Tanjungkerta, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat dibero penghargaan reward oleh kepala desa setempat, Rabu (24/4/2019).

Kepala Desa Cipanas Asep Lantifan mengatakan, penghargaan diberikan sebagai apresiasi atas kinerja KPPS di wilayah desanya dalam mensukseskan pesta demokrasi yang telah dihelat pada 17 April lalu.

"Reward yang diberikan memang kecil, totalnyaa hanya Rp 1,5 juta. Tapi ini sebagai bentuk apresiasi kepada 5 KPPS yang telah bekerja keras untuk turut serta mensukseskan Pemilu 2019," ujarnya kepada Kompas.com, usai menyerahkan penghargaan di kantor desa tersebut, Rabu siang.

Baca juga: 191 Petugas KPPS di Sulawesi Selatan Sakit, dari Dianiaya Sampai Keguguran

Asep menuturkan, kriteria peraih penghargaan tersebut yakni, partisipasi masyarakat tertinggi, petugas KPPS terbaik dan tercepat administrasi, dan TPS terunik.

Untuk kategori partisipasi masyarakat tertinggi diraih KPPS di TPS 02 dengan tingkat partisipasi masyarakat datang ke TPS mencapai 94,23 persen.

"Tingkat partisipasi masyarakat yang datang ke TPS, tertinggi di TPS 02 juara 1, TPS 11 juara 2, dan TPS 14 juara 3. Adapun total partisipasi masyarakat secara keseluruhan di desa kami pada pemilu ini, mencapai 89,94 persen," tuturnya.

Baca juga: 11 Petugas KPPS di Sumsel Meninggal karena Kelelahan

Asep menyebutkan, selain kategori partisipasi tertinggi, dua KPPS lain juga diganjar penghargaan, yaitu KPPS terbaik administrasi diraih TPS 04, dan KPPS dengan TPS terunik diraih TPS 07.

"Pada intinya pemberian reward ini kami berikan sebagai apresiasi. Alhamdulillah secara keseluruhan pelaksanaan pemilu di desa kami pun berlangsung aman, tertib, dan lancar," katanya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X