Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Paritisipasi Turun, Pencoblosan Ulang di 1 TPS di Lebak Dimenangkan Prabowo

Kompas.com - 24/04/2019, 17:09 WIB
Acep Nazmudin,
Khairina

Tim Redaksi


LEBAK, KOMPAS.com - Satu TPS di Kecamatan Rangkasbitung, Kabupaten Lebak menggelar pemungutan suara ulang (PSU), Rabu (24/4/2019).

Hasilnya, pasangan capres-cawapres nomor urut 02 kembali menang.

"Alhamdulillah PSU sudah selesai, hasilnya 50 suara untuk 01 dan 141 suara untuk 02, dengan jumlah pemilih 192 dan tidak sah satu suara," kata Ketua TPS 13 Abdul Hamid saat mengumumkan hasil PSU, Rabu (24/4/2019)'

Baca juga: Hari ini, Dua TPS di Bima Lakukan Pencoblosan ulang

Sebelumnya, pada 17 April 2019 lalu, hasil pencoblosan juga dimenangkan oleh pasangan capres-cawapres 02 dengan 159 suara.

Sementara paslon 01 hanya kebagian 76 suara dari 240 pemilih, 7 tidak sah.

PSU di Kecamatan Rangkasbitung digelar di TPS 13, Kelurahan Cijoro Lebak. Pencoblosan ulang harus dilakukan lantaran ada pemilih luar KTP Lebak tanpa formulir A5.

PSU hanya dilakukan untuk memilih pasangan capres-cawapres saja. Jumlah DPT di TPS ini tidak mengalami perubahan yakni 270 DPT.

Baca juga: Pilkada Sultra, Bawaslu Rekomendasikan 32 TPS di Sulawesi Tenggara Gelar Pencoblosan Ulang

Hanya saja, jumlah pemilih yang datang tidak sebanyak pada pemilihan 17 April lalu. Pihak KPU menduga paritisipasi turun, lantaran PSU digelar pada saat jam kerja.

"Sebetulnya partisipasi masih tinggi, hingga pukul 11 saja sudah di atas 60 persen, namun karena dilakukan saat jam kerja, kita harapkan minimal bisa sama seperti sebelumnya," kata Ketua KPU Ni'matullah di TPS 13 Rangkasbitung.

Selain di Rangkasbitung, PSU di Kabupaten Lebak juga digelar di dua kecamatan lainnya dengan total keseluruhan empat TPS.

Empat TPS tersebut antara lain TPS 13 di Desa Pasar Keong dan TPS 9 Desa Bojong Cae Kecamatan Cibadak, TPS 13 Kelurahan Cijoro Lebak, Kecamatan Rangkasbitung dan TPS 4 Desa Sindangwangi, Kecamatan Muncang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com