Tiga Petugas Pemilu 2019 di Grobogan Gugur seusai Bertugas

Kompas.com - 24/04/2019, 16:54 WIB
Ilustrasi pemungutan suaraThinkstock Ilustrasi pemungutan suara

GROBOGAN, KOMPAS.com - Petugas penyelenggara Pemilu 2019 yang gugur seusai melaksanakan tugas ternyata juga terjadi di Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah. 

Berdasarkan data KPU Kabupaten Grobogan, tercatat tiga orang petugas Pemilu 2019 gugur karena sakit seusai menjalankan tugas sebagai penyelenggara pemilu.

Ketua KPU Grobogan Agung Sutopo membenarkan hal tersebut. Menurut dia, ketiga petugas pemilu 2019 di Grobogan yang tutup usia di antaranya yakni seorang anggota KPPS dan 2 petugas Linmas.

Rinciannya yaitu Suparlan, warga Dusun Ngancar, Desa Kenteng, Kecamatan Toroh, Grobogan. Petugas Linmas yang bertugas di TPS 05 ini meninggal pada Selasa (23/4/2019).


Baca juga: Dua Hari Tak Tidur, Anggota KPPS di Dompu Meninggal karena Kelelahan

Selanjutnya Munawar, petugas Linmas di TPS 09 Desa Sendangharjo, Kecamatan Karangrayung, Grobogan, meninggal sehari seusai pencoblosan. Lalu Djoko Siswoto, anggota KPPS di TPS 10 Desa Nglinduk, Kecamatan Gabus, meninggal pada Sabtu (19/4/2019).

"Benar tiga orang petugas Pemilu di Grobogan meninggal dunia. Ketiganya meninggal dunia karena sakit setelah kelelahan. Kemarin, kami sudah bertakziah ke rumah duka," jelas Agung saat dihubungi Kompas.com melalui ponsel, Rabu (24/4/2019).

Baca juga: Dikabarkan keguguran, Petugas KPPS Melahirkan di Usia Kehamilan 5 Bulan karena Kelelahan

Sesuai prosedur, sambung Agung, meninggalnya ketiga petugas Pemilu 2019 itu sudah dilaporkan ke KPU pusat melalui KPU Provinsi Jateng. Pelaporan itu merujuk instruksi dari KPU pusat.

"Rencananya, nanti akan ada pemberian santunan. Instruksinya, kami harus melaporkan ke KPU pusat terkait petugas Pemilu 2019 yang meninggal dunia," pungkasnya.



Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Close Ads X