Banyak Petugas PPK Meninggal karena Kelelahan, Gubernur Sumsel Instruksikan Bentuk Posko Kesehatan

Kompas.com - 24/04/2019, 14:31 WIB
Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru usai menghadiri acara Musrenbang RKPD di hotel Santika Primer Palembang, Sumatera Selatan, Rabu (24/4/2019) KOMPAS.com/AJI YK PUTRAGubernur Sumatera Selatan Herman Deru usai menghadiri acara Musrenbang RKPD di hotel Santika Primer Palembang, Sumatera Selatan, Rabu (24/4/2019)

PALEMBANG, KOMPAS.com — Komisi Pemilihan Umum ( KPU) Sumatera Selatan mencatat, sudah delapan petugas PPK yang meninggal akibat kelelahan melakukan penghitungan suara pada Pemilu 2019.  

Selain ada yang meninggal, sebagian anggota PPK pun menjalani perawatan di rumah sakit karena dalam kondisi kritis. 

Dengan kejadian tersebut, Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru menginstruksikan kepada seluruh wali kota dan bupati untuk mendirikan pos kesehatan di wilayah mereka masing-masing. 


Baca juga: Sebelum Berpulang, Ketua KPPS di Cianjur Ini Sempat Tanya Sudah Berapa Anggota KPPS yang Meninggal

Herman menjelaskan, polemik kejadian banyaknya petugas PPK yang "tumbang" dalam bertugas menjadi perhatian khusus.

Pemerintah Provinsi Sumsel berupaya mencegah banyaknya korban lagi yang muncul dengan melakukan pemeriksaan terhadap para petugas PPK.

"Saya sudah instruksikan kemarin, secara menyeluruh bupati atau wali kota agar standby-kan posko kesehatan di setiap PPK," katanya seusai menghadiri acara Musrenbang RKPD di hotel Santika Primer Palembang, Sumatera Selatan, Rabu (24/4/2019). 

Dilanjutkan Herman, pihaknya dalam hal ini ada Pemprov Sumsel akan memberikan bantuan kepada para petugas PPK yang meninggal dalam bertugas, baik materiil maupun moriil. 

Baca juga: 91 Petugas KPPS Meninggal, Wapres Sebut Pemilu Serentak Perlu Ditinjau Ulang

Ia pun mengharapkan, agar penanganan awal dengan melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap para petugas PPK bisa mencegah munculnya korban lagi. 

"Pemprov Sumsel akan membantu moril dan materiil jika itu dibutuhkan PPK KPU kabupaten atau kota," ujarnya.

Ketua KPU kota Palembang Eftiyani mengatakan, di Palembang satu petugas KPPS meninggal akibat kelelahan.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X