Sidang Perdana Kasus Penyebaran Konten Asusila Artis VA Digelar Hari Ini

Kompas.com - 24/04/2019, 13:20 WIB
Artis VA diundang untuk menjadi saksi dalam perkara 2 mucikarinya di PN Surabaya, Senin (1/4/2019) KOMPAS.com/ACHMAD FAIZALArtis VA diundang untuk menjadi saksi dalam perkara 2 mucikarinya di PN Surabaya, Senin (1/4/2019)

SURABAYA, KOMPAS.com - Artis VA dijadwalkan menjalani sidang perdana atas kasus penyebaran konten asusila di Pengadilan Negeri Surabaya, Rabu (24/4/2019).

Dalam sidang perdana tersebut, artis VA akan mendengarkan dakwaan dari jaksa penuntut umum.

"Dakwaan dibacakan hari ini, jaksa yang ditunjuk adalah RA Dhini Ardhani dari Kejaksaan Tinggi Jawa Timur," kata Kepala Seksi Penerangan Hukum, Kejaksaan Tinggi Jawa Timur, Richard Marpaung, dihubungi melalui ponsel.

Baca juga: TPS Unik di Rutan Ahmad Dhani dan Artis VA, Ajak Pemilihnya Lupakan Masa Lalu

Terpisah, Rahmat Santoso, kuasa hukum artis VA, juga membenarkan jika kliennya akan menjalani sidang Rabu siang di Pengadilan Negeri Surabaya. "Kami siap menghadapi persidangan. Semoga sidang bisa membuka tabir fakta sesungguhnya," ujar Rahmat Santoso.

Artis VA ditetapkan tersangka dalam rangkaian pengungkapan kasus prostitusi online yang diungkap Polda Jawa Timur di Surabaya pada 5 Januari lalu.

Baca juga: Ahmad Dhani dan Artis VA Nyoblos di TPS Bui

Dari hasil pemeriksaan digital forensik, VA diduga terlibat dalam penyebaran atau transmisi konten asusila melalui media elektronik. VA diduga melanggar UU Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) Pasal 27 Ayat 1 tentang Kesusilaan, dengan ancaman 6 tahun penjara.

Sejak ditahan pertengahan Januari lalu di Mapolda Jawa Timur, artis FTV itu dipindah ke Rutan Kelas I Surabaya Medaeng pada 29 Maret lalu. Artis VA tercatat juga beberapa kali menghadiri sidang sebagai saksi atas kasus mucikarinya.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X