Petugas Penyelenggara Pemilu yang Gugur di Jabar Bertambah Jadi 49 Orang

Kompas.com - 23/04/2019, 19:18 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sewaktu melakukan video conference bersama Kementerian Dalam Negeri, di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kamis (18/4/2019). KOMPAS.com/DENDI RAMDHANIGubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sewaktu melakukan video conference bersama Kementerian Dalam Negeri, di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kamis (18/4/2019).

BANDUNG, KOMPAS.com - Jumlah petugas penyelenggara Pemilu 2019 di Jabar yang gugur usai bertugas terus bertambah. Dari hasil pendataan Pemprov Jabar, hingga Selasa (23/4/2019) jumlah petugas yang gugur menjadi 49 orang.

Rinciannya, 34 petugas KPPS, PPS, PPK dan KPU. Selain itu tiga petugas kepolisian dan dua Linmas gugur selam proses Pemilu.

"Datanya berubah terus, sekarang 49. 46 warga sipil dan tiga dari kepolisian. Dari seluruh daerah," kata Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Selasa (23/4/2019) malam.

Baca juga: 12 Petugas KPPS di Jawa Barat Gugur saat Menjalankan Tugas

Ia menjelaskan, faktor kelelahan jadi sebab utama banyaknya petugas yang meninggal dunia. Emil pun menyebut para petugas yang gugur sebagai pahlawan demokrasi.

"Mereka individu yang mendedikasikan waktunya untuk mengawal proses pemilu. Rata-rata meninggal dunia ada hubungannya dengan kegiatan Pemilu dengan berbagai jenis penyakit dan usia," tuturnya.

Untuk mengantisipasi bertambahnya jumlah petugas yang wafat, Emil akan membuat surat edaran kepada kepala daerah agar seluruh petugas penyelenggara Pemilu mendapat pemeriksaan kesehatan.

"Karena proses penghitungan dan dinamika ini berlangsung sampai minggu ketiga bulan Mei. Mungkin ada yang sesak nafas, kecapekan, apa pun yang berhubungan dengan kegiatan pemilu. Untuk antisipasi saya minta seluruh daerah memfasilitasi pemeriksaan kesehatan diutamakan di RSUD," jelasnya.

Baca juga: 12 Petugas KPPS di Jabar Meninggal, KPU Ungkap Penyebabnya

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X