Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gubernur Olly: Pak Presiden Mengapresiasi Sulawesi Utara. Apa Permintaan Gubernur Akan Dikasih

Kompas.com - 23/04/2019, 16:15 WIB
Skivo Marcelino Mandey,
Khairina

Tim Redaksi

MANADO, KOMPAS.com - Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey diundang Presiden Joko Widodo ke Istana, Senin (22/4/2019).

Dalam pertemuan itu, Olly membeberkan ada beberapa poin yang disampaikan Jokowi.

"Pesan Pak Presiden kemarin, pembangunan di Sulawesi Utara akan menjadi prioritas dalam rangka menunjang kesejahteraan masyarakat Sulawesi Utara," ujarnya saat diwawancara sesuai rapar paripurna di Kantor DPRD Sulut, Selasa (23/4/2019).

Baca juga: Serahkan LKPD 2018, Gubernur Olly Harap BPK Terus Beri Masukan

Menurut dia, suksesnya Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 di Sulut mendapat apresiasi dari Presiden Jokowi.

"Pak Presiden mengapresiasi Sulawesi Utara. Apa permintaan Gubernur akan dikasih," kata Olly.

Selain itu, papar Olly, pihaknya telah menyampaikan kepada Presiden dan Menteri Keuangan terkait Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 nanti di Sulut.

"Karena ada tujuh kabupaten dan kota serta provinsi akan menyelenggarakan Pilkada 2020, membutuhkan dana hampir Rp 900 miliar. Saya sudah sampaikan ke Pak Presiden dan Menteri Keuangan dan akan dipertimbangkan pembiayaannya," ucap Olly.

Baca juga: Hadiri Apel Gelar Pasukan, Gubernur Olly Pastikan Suasana Sulut Aman

Ia juga menuturkan, di Jakarta ada beberapa acara yang diikutinya. Di antaranya, launching pariwisata dan menerima penghargaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dari Kementerian Tenaga Kerja.

"Karena Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulut ikut berpartisipasi menjaga kecelakaan kerja. Kecelakaan kerja kita sangat kecil, yakni 0,0 sekian persen," lanjut Olly.


Sistem pemilu serentak dipertimbangkan kembali

Olly juga menilai sistem pemilu serentak perlu dipertimbangkan kembali. Menurut dia, pemilihan serentak terlalu banyak makan waktu.

"Kita juga melihat sudah sekitar 91 orang petugas pemilu meninggal. Dan memang itu ada pernyataan dari Wakil Presiden agar dipertimbangkan kembali," katanya.

Olly memberi apresiasi kepada keluarga korban yang ditinggalkan.

"Saya juga sudah perintahkan ke Dinas Kesehatan (Dinkes) provinsi untuk melakukan tes kesehatan bagi petugas pemilu, dan memberikan vitamin dan lain-lain supaya mereka lebih sehat," tuturnya.


Perolehan Kursi di DPR RI dan DPRD Sulut

Olly mengaku, dari hasil hitung cepat atau quick count internal partainya, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mendapatkan 4 kursi di DPR RI. Sedangkan, DPRD di tingkat provinsi sampai hari ini baru 19 kursi.

"Semua sudah masuk, tapi datanya belum 100 persen. C1 belum 100 persen," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com