SMA Negeri Jabar Hanya Bisa Tampung 34 Persen Lulusan SMP

Kompas.com - 23/04/2019, 13:58 WIB
Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat saat ditemui di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Selasa (23/4/2019) KOMPAS.com/DENDI RAMDHANIKepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat saat ditemui di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Selasa (23/4/2019)

BANDUNG, KOMPAS.com - Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat Dewi Sartika mengungkapkan, dari sekitar 774 ribu lulusan SMP di Jawa Barat tahun ini, hanya 34 persen yang bisa ditampung di SMA Negeri.

Hal itu diungkapkan Dewi usai melaksanakan rapat pleno tentang Penerimaan Peserta Didik Baru ( PPDB) 2019 di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Selasa (23/4/2019).

"Masalah yang dipetakan salah satunya adalah distribusi. Artinya jumlah yang akan lulus dari SMP ini 774 ribu. kita hanya bisa menampung 34 persen. Berarti sekian persen tentu tidak akan bisa diterima di SMA (negeri)," kata Dewi.

Baca juga: Gubernur Jabar Buat Tim Pengawas Khusus untuk PPDB 2019

Tak seimbangnya jumlah SMA negeri dan SMP di Jabar menjadi sebab utama masalah itu. Karena itu, ia menyarankan agar orang tua siswa bisa mencari alternatif sekolah swasta jika anaknya tak masuk ke SMA negeri.

"Sebagian masyarakat ini memang mau ke negeri tapi sekolah swasta juga ini kan banyak yang sudah bagus. Swasta juga menuju baik," ungkapnya.

Baca juga: Khofifah Akan Rombak Aturan Zonasi PPDB untuk SMA dan SMK Negeri

Dalam PPDB tahun ini, Dewi memastikan tetap memberlakukan sistem zonasi. Hal itu sesuai dengan Permendikbud nomor 51 Tahun 2018 dan surat edara Kementerian Pendidikan Kebudayaan dan Kemendagri.

"Jadi kita tetap memakai jalur zonasi ini 90 persen dan kemudian 5 persen prestasi dan 5 persen perpindahan," ucap Dewi.

Untuk masalah teknis, Dewi mengaku belum bisa menyampaikan lebih banyak lantaran masih menunggu terbitnya Peraturan Gubernur.

"Jadi hari ini tadi kita sudah ada poin-poinnya, tapi masih menunggu Pergub. Akan kita selesaikan untuk Pergub dan juknisnya, jadi besok bisa clear," jelasnya. 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X