5 Fakta Kebakaran Gudang Logistik KPU di Sumbar, Temuan 2 Botol Berbau Bensin hingga Dalami Dugaan Sengaja Dibakar

Kompas.com - 23/04/2019, 09:00 WIB
Gudang logistik KPU Pesisir Selatan di Kecamatan Koto XI Tarusan yang terbakarKompas.com/PERDANA PUTRA Gudang logistik KPU Pesisir Selatan di Kecamatan Koto XI Tarusan yang terbakar

KOMPAS.com - Medo Patria, Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pesisir Selatan, Sumatera Barat, menyebutkan, ada 19 kotak suara yang hangus terbakar saat kebakaran gudang logistik di Kecamatan Koto XI Tarusan, Senin (22/4/2019).

Menurut Medo, ada beberapa surat suara yang selamat dari api. Namun, jumlah dan kondisinya masih belum diketahui pasti.

Sementara itu, polisi telah memeriksa sejumlah saksi, termasuk saksi mata yang menemukan dua botol berbau bensin di lokasi kebakaran.


Hingga saat ini, polisi masih melakukan penyelidikan untuk mengungkap penyebab kebakaran.

Berikut ini fakta lengkapnya:

1. Sebanyak 19 kotak suara dari 5 TPS ludes terbakar

Kapolres Pesisir Selatan AKBP Fery Herlambang dan Dandim Pesisir Selatan Letkol (Kav) Edwin Dwi Guspana meninjau gudang logistik Pemilu KPU Pesisir Selatan di Koto XI Tarusan yang tetbakar, Senin (22/4/2019) dini hariKompas.com/PERDANA PUTRA Kapolres Pesisir Selatan AKBP Fery Herlambang dan Dandim Pesisir Selatan Letkol (Kav) Edwin Dwi Guspana meninjau gudang logistik Pemilu KPU Pesisir Selatan di Koto XI Tarusan yang tetbakar, Senin (22/4/2019) dini hari

Sebanyak 19 kotak suara dari 5 tempat pemungutan suara (TPS) di Pesisir Selatan, Sumbar, hangus terbakar.

"Ada 19 kotak suara yang diperkirakan hangus terbakar dari 5 TPS, yakni Nagari Kapuh, Koto XI Tarusan," ujar Medo Patria kepada Kompas.com, di Tarusan, Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Senin (22/4/2019).

Untuk surat suara, Medo menyebutkan, pihaknya masih melakukan identifikasi karena ada surat suara yang diselamatkan dengan dibungkus plastik.

Saat ini, pihak berwajib dari Inafis Polda Sumbar, masih melakukan identifikasi sehingga KPU Pesisir Selatan masih belum menghitung jumlah surat suara yang hangus terbakar.

Baca Juga: KPU Pesisir Selatan Sebut 19 Kotak Suara Hangus Terbakar

2. Keterangan saksi mata saat gudang KPU terbakar

Ilustrasi api.
PIXABAY/Myriams-Fotos Ilustrasi api.

Salah seorang saksi mata, Indrawati (44), menjelaskan, dirinya menemukan dua botol minuman teh pucuk yang berbau bensin saat memadamkan api.

"Saat memadamkan api, saya menemukan dua botol teh pucuk yang berbau bensin di depan aula yang terbakar. Saya membaui botol itu, memang berbau bensin. Dua botol itu sudah diambil pihak kepolisian tadi malam," kata Indrawati kepada Kompas.com, Senin.

Indrawati mengatakan, kejadian tersebut diperkirakan terjadi pada pukul 01.00 WIB. Saat itu, warga masih ramai di kantor Camat Koto XI Tarusan, karena ada penghitungan suara pemilu.

Halaman:
Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X