Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Akan Bubarkan Arak-arakan Kemenangan Pemilu

Kompas.com - 22/04/2019, 20:31 WIB
Slamet Widodo,
Khairina

Tim Redaksi


TRENGGALEK,KOMPAS.com – Guna menjaga kondusivitas wilayahnya pascapemilu 17 April lalu, Kepolisian Trenggalek menegaskan agar tidak ada pesta kemenangan atau klaim kemenangan dari pendukung maupun peserta pemilihan umum tahun 2019 ini.

Hal ini dilakukan pihak kepolisian, demi menjaga stabilitas keamanan dan kenyamanan banyak pihak.

“Untuk Trenggalek, kami imbau kepada seluruh peserta pemilihan, masyarakat pendukung pilpres, agar tidak melakukan arak-arakan atau euforia klaim kemenangan,” terang Kapolres Trenggalek AKBP Didit Bambang Wibowo S,di lingkungan Mapolres Trenggalek (22/04/2019).

Baca juga: 48 Kotak Surat Suara di Trenggalek Kehujanan, 9 Diantaranya Rusak

Selain untuk para peserta pemilihan legislatif maupun pendukung pilpres, larangan arak-arakan atau gelaran besar juga dilarang bagi kepala desa yang baru saja dilantik beberapa hari lalu.

Diharapkan, para peserta pemilu maupun calon legislatif menahan diri agar tidak melakukan kegiatan yang bersifat perayaan, maupun mengeluarkan pernyataan yang berpotensi memancing suasana kurang nyaman.

“Apabila diketahui ada perayaan kemenangan secara besar-besaran atau arak-arakan, maka akan kami bubarkan. Demi menjaga kondusivitas pasca pemilihan ini. Kita tunggu hasil dari KPU,” ujar Kapolres Trenggalek.

Baca juga: Nyoblos di Trenggalek, Emil Dardak Pandangi Nama Almarhum Adiknya di Daftar Caleg
Kapolres Trenggalek juga mengimbau kepada seluruh masyarakat, agar tidak terpancing dengan isu-isu yang banyak beredar di media sosial.

Diketahui, saat ini banyak beredar isu-isu negatif yang bersifat provokatif di medsos.

Masyarakat diminta untuk tenang hingga hasil resmi dari KPU pusat diumumkan.

Saat ini, tahapan rekapitulasi suara di tingkat kecamatan masih berlangsung dan sebagian kecamatan sudah menggelar pleno terbuka.

“Saya imbau kepada seluruh masyarakat Trenggalek agar turut menjaga kondusivitas di wilayahnya masing-masing. Saat ini petugas keamanan dari TNI dan Polri berjaga 24 jam di setiap kecamatan,” terang Didit.

“Kami juga tidak segan untuk menindak siapa saja, yang sengaja mengganggu ketertiban umum. Dan kami pastikan wilayah Trenggalek dalam keadaan aman dan kondusif. Percayakan semua kepada Polri dan TNI," tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com