Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Ridwan Kamil Pastikan Lantik Kadinkes Baru Pekan Ini

Kompas.com - 22/04/2019, 19:59 WIB
Mico Desrianto,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil, mengaku dalam pekan ini dirinya akan melantik Jabatan Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) yang baru.

Hal tersebut dilakukan mengingat proses lelang jabatan terbuka untuk posisi Kadinkes sudah memasuki tahap akhir.

"Sudah diajukan kepada Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), jika tidak ada halangan rencananya minggu ini akan diumumkan," ucap Ridwan Kamil sesuai dengan rilis yang Kompas.com, Senin (22/4/2019).

Ihwal pernyataan Ridwan Kamil turut dibenarkan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar Iwa Karniwa. Dirinya mengatakan, jika Pemprov Jabar telah mengajukan tiga nama dan tinggal menunggu respons Komite ASN

"Nama Kadinkes sudah diajukan ke KASN. Tinggal nunggu dari KASN. Proses seleksinya sudah tiga besar. Nanti Pak Gubernur yang mengambil langkah untuk pelantikan," papar Iwa.

Adapun ketiga nama yang diajukan adalah Berli Ramdani yang merupakan Kadinkes Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, lalu Kabid Pelayanan Kesehatan Dinkes Jabar Marion Siagian dan Kabid Kesehatan Masyarakat Dinkes Jabar Sri Sudartini.

Sebagai informasi, Pemprov Jabar menggelar proses lelang terbuka jabatan pimpinan tinggi pratama (eselon II) untuk menempati 15 posisi strategis yang kosong. Proses pendaftaran dibuka November 2018 dan telah berakhir sejak 12 Januari 2019 lalu.

Namun teruntuk posisi Kadinkes mengalami keterlambatan akibat beberapa persoalan, seperti sepinya peminat hingga persyaratan dari peserta yang belum lengkap.

Hingga saat ini sudah 14 pejabat kepala dinas yang sudah dilantik dengan rincian empat orang perempuan dan sepuluh orang laki-laki. Lima pejabat berasal dari luar ASN lingkungan Pemprov Jabar.

Dengan hampir rampungnya keseluruhan proses seleksi lelang jabatan, sambung Ridwan Kamil, dirinya berharap para pejabat baru mampu mengakselerasi ragam program miliknya untuk kepentingan masyarakat Jabar.

"Segera terapkan konsep pemerintahan Birokrasi Dinamis atau Agile Bureaucracy. Kedepankan inovasi dalam membuat peraturan dan tentunya harus gesit,” papar Ridwan Kamil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com