5 Fakta Jelang Peresmian Yogyakarta International Airport, Simulasi Antisipasi Teror hingga Persiapan Nyaris 100 Persen

Kompas.com - 22/04/2019, 16:42 WIB
Bandara Internasional Yogyakarta. Dokumentasi PT Angkasa Pura IBandara Internasional Yogyakarta.

KOMPAS.com - Bandar Udara Yogyakarta International Airport (YIA) di Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, direncanakan akan siap beroperasi pada 29 April 2019.

Persiapan pun terus dilakukan, salah satunya dengan uji coba pendaratan sebuah pesawat Cessna King Air PK-CAC milik Kementerian Perhubungan RI mendarat di landasan pacu, Sabtu (20/4/2019) petang.

Dengan pesawat tersebut, YIA juga melakukan uji alat navigasi dan sejumlah fasilitas yang menunjang penerbangan dan komunikasi.

Berikut ini fakta lengkapnya:

1. Uji coba pendaratan dengan pesawat kalibrasi

Landasan pacu di Bandar Udara Internasional Yogyakarta, Kulon Progo, DI Yogyakarta. KOMPAS.COM/DANI J Landasan pacu di Bandar Udara Internasional Yogyakarta, Kulon Progo, DI Yogyakarta.

Manajer Proyek Pembangunan Bandara dari PT Angkasa Pura I (Persero) Taochid Purnomo Hadi mengatakan, pendaratan pesawat kalibrasi bertujuan untuk mengecek sistem Precision Approach Path Indicator (PAPI) di YIA.

"Iya, terkait alat bantu pendaratan. Yang harus dikalibrasi itu adalah lampu PAPI. Lampu itu memang harus dikalibrasi sebelum digunakan," kata Taochid melalui pesan singkat yang diterima Kompas.com, Sabtu.

Saat itu, PAPI memandu pilot mempertahankan posisi pesawat mendarat pada sudut pendaratan yang tepat.

Lampu PAPI menjadi pedoman secara visual agar pesawat dapat landing setepat mungkin.

Hal ini sangat penting mengingat panjang landasan pacu setiap bandara berbeda.

Selain itu, Ditjen Perhubungan Udara Kemenhub juga perlu mengadakan kalibrasi terhadap alat-alat di bandara yang berkaitan dengan keselamatan penerbangan.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X