Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Hadiahkan Bus Wisata, Kang Emil Harap Wisata di Tasikmalaya Bangkit

Kompas.com - 22/04/2019, 09:08 WIB
Mikhael Gewati

Editor

KOMPAS.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bersama Wali Kota Tasikmalaya Budi Budiman meresmikan bus pariwisata di Taman Kota Tasikmalaya, Minggu (21/4/19).

Bus yang  menyerupai bus pariwisata di Kota Bandung, Bandros, ini diberi nama Ngulisik (Nguriling Kota Tasik). Kehadiran bus ini pun diharapkan menjadi penanda kebangkitan pariwisata di Kota Santri, Tasikmalaya. 

"Insya Allah ini (bus Ngulisik) mengubah wajah pariwisata di Kota Tasik. Ini harus mengubah (pariwisata Tasikmalaya), sehingga orang tertarik, lebih tertarik, dan lebih lama pending (diam) di Kota Tasik," ujar Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, seperti dalam keterangan tertulis yang Kompas.com terima. 

Dikesempatan yang sama, Emil kemudian meminta Wali Kota Tasikmalaya, Budiman untuk mengkaji kebutuhan bus pariwisata di kotanya.

"Tolong dikaji butuhnya (bus pariwisata) berapa untuk (kebutuhan) yang ideal, nanti setengah (kebutuhan) dari saya (Pemda Provinsi Jawa Barat) dan setengahnya lagi dari Pemkot Tasik," jelasnya.

Tidak hanya di Tasikmalaya, Pemda Provinsi Jawa Barat juga memberikan hibah bus pariwisata yang serupa ke seluruh kabupaten dan kota lainnya di Jawa Barat (Jabar).

Diharapkan dengan adanya bus pariwisata di setiap kabupaten dan kota di Jabar bisa segera mewujudkan visi dan misi Pemda Provinsi Jabar, khususnya di bidang pariwisata.

Seperti diketahui, Provinsi Jabar di bawah kepemimpinan Emil memang berkomitmen untuk menjadikan Jawa Barat sebagai provinsi pariwisata.

Creative center

Pada kesempatan tersebut, Emil menambahkan bahwa pihaknya akan mendorong generasi milenial Tasikmalaya agar semakin kreatif. Untuk itu, pada tahun ini akan dibangun gedung pusat kreatif atau Creative Center di Dadaha, Kota Tasikmalaya.

"Tahun ini kita mulai membangun creative center di Dadaha, agar milenial Tasikmalaya bisa bersaing di era saat ini," katanya.

Usai diresmikan, Emil bersama Atalia dan rombongan langsung menjajal Ngulisik untuk berkeliling Kota Tasikmalaya. Ada beberapa titik lokasi wisata yang dikunjungi Emil, seperti Situ Gede, Dadaha, serta beberapa tempat infrastruktur publik lainnya di Kota Tasikmalaya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com