Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Penambahan Bus Pariwisata, Ridwan Kamil Minta Infrastruktur di Tasik Diperbaiki

Kompas.com - 21/04/2019, 23:22 WIB
Irwan Nugraha,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

TASIKMALAYA, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan menambah bus pariwisata keliling di wilayah Kota Tasikmalaya.

Pemerintah daerah setempat pun diminta untuk menyiapkan segala fasilitas pendukungnya untuk memberikan wahana edukasi wisata kepada warga.

"Kami berencana akan menambah satu unit bus pariwisata untuk Kota Tasikmalaya agar di Kota santri bisa naik kelas. Tentunya yang harus dilakukan pemerintah di sini memperbaiki infrastruktur supaya dapat lebih bagus," jelas Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, di Taman Kota Tasikmalaya, Minggu (21/4/2019).

Baca juga: Lantik Bima Arya dan Herdiat Sunarya, Ridwan Kamil Beri Pesan Ini 

"Bus wisata "ngurililingan Kota Tasik" (Ngulisik) harus mengubah rute supaya orang lebih lama. Jika ada titik sejarah juga harus diperbaiki mulai tugu dan sejarahnya," kata Emil, sapaan Ridwan Kamil.

Emil mengatakan, Kota Tasikmalaya diminta untuk terus berinovasi mempercantik diri agar  menjadi daya tarik masyarakat. Apalagi, adanya bus pariwisata di sebuah kota merupakan salah satu bagian dari visi Jabar.

Emil mengatakan, agar bisa meningkatkan pariwisata di Kota Tasikmalaya, saat ini sudah terlihat dari mulai Bandara Wiriadinata hingga indek baso tertinggi di Indonesia adalah di Kota Tasikmalaya.

"Sebut saja yang sudah terkenal seperti Baso Firman, Loma, Wiji, Kirman, Laksana, Genjrot, Eco, Kurdi, Adul, Sari Rasa. Juga wisata kreatif seperti payung geulis, menjadi ciri khas Kota Tasik di Indonesia," ujarnya.

Baca juga: Jokowi Kalah di Jabar, Ridwan Kamil: Politik Bukan Matematika...

Wali Kota Tasikmalaya, Budi Budiman mengatakan, pihaknya berjanji akan terus meningkatkan objek wisata unggulan. Selain itu, infrastruktur penunjang juga akan terus diperbaiki.

Sehingga, diharapkan mampu menjadi daya tarik wisatawan domestik maupun luar daerah dan mancanegara.

"Alhamdulillah, nanti khusus objek wisata Situ Gede akan dibantu oleh Pemprov Jabar. Apalagi, sebentar lagi akan dibangun Tol Cileunyi-Garut-Kota Tasikmalaya (Cigatas), tentunya akan menambah wisatawan berkunjung ke Kota Tasik," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com