Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

TKD Jatim Tantang BPN Buka Data C1 di Lapangan Tugu Pahlawan

Kompas.com - 21/04/2019, 14:51 WIB
Achmad Faizal,
Farid Assifa

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Tim Kampanye Daerah (TKD) Jokowi-Ma'ruf Amin Jawa Timur siap buka-bukaan soal rekap data C1 Pilpres 2019 yang dimiliki saksi Jokowi-Ma'ruf Amin.

Dia bahkan menantang Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi yang mengklaim kemenangan di Jawa Timur, untuk sama-sama membuka data C1 di Lapangan Tugu Pahlawan.

"Kita buka-bukaan di lapangan Tugu Pahlawan, biar semua orang tahu," kata Ketua TKD Jokowi-Ma'ruf Amin Jawa Timur, Machfud Arifin, Minggu (21/4/2019).

Berdasarkan rekap data C1 yang dikirim saksi hingga Minggu pagi, Mahfud mengklaim Jokowi-Ma'ruf Amin sudah menang 68 persen.

"Data yang masuk sudah hampir 100 persen, kami menang 68 persen," ujarnya.

Baca juga: Jokowi-Maruf Unggul Versi Quick Count, TKD Jatim Ucapkan Terima Kasih

Dari data tersebut, Mahfud juga mengklaim suara Jokowi naik di Jawa Timur dibanding Pilpres 2014 lalu. Sebab, saat Pilpres lalu, Jokowi kalah di 14 kabupaten/kota di Jawa Timur.

Secara terpisah, Soepriyatno, Ketua BPP Prabowo-Sandi Jawa Timur, mempersilakan TKD Jawa Timur mengklaim berapa pun angka kemenangan Jokowi-Ma'ruf Amin.

"Silakan klaim saja, kalau perlu 100 persen juga tidak apa-apa," ujarnya.

Baginya, pemilu tahun ini adalah pemilu yang paling gagal, karena sangat tampak ada upaya pemenangan secara terstruktur dan massif.

"Negara mengeluarkan banyak anggaran untuk pemilu yang gagal tahun ini," jelasnya.

Baca juga: Berdasar Rekap Data C1, TKD Klaim Jokowi-Maruf Raih 68 Persen Suara di Jatim

Sementara itu, hasil penghitungan real count Komisi Pemilihan Umum hingga pukul 13.00 WIB, Minggu (21/4/2019), pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin mendapatkan 1.183.347 suara. Sementara pasangan Prabowo-Sandi mendapatkan 508.952 suara. Angka tersebut berdasarkan data dari 80.631 TPS dari total 813.350 TPS atau 9,9 persen lebih.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com