Bawaslu Ambil Alih Kasus Pembakaran Kotak Suara di Maluku Tenggara

Kompas.com - 21/04/2019, 12:43 WIB

AMBON,KOMPAS.com - Badan Pengawas Pemilu ( Bawaslu) Provinsi Maluku memastikan akan digelar pemungutan suara ulang (PSU) di Desa Ohoi Weduar, Kecamatan Kei Besar Selatan, Kabupaten Maluku Tenggara, menyusul kasus pembakaran kotak suara.

Kotak suara itu dibakar oleh salah satu calon Anggota DPRD Maluku Tenggara asal PDI-P di desa tersebut.

Aksi pembakaran kotak suara beserta seluruh dokumen lainnya oleh caleg dari PDI-P berinisial LPR itu terjadi di Kantor Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kei Besar Selatan pada Jumat (19/4/2019).

“Biasanya ada tahapan untuk sampai pada rekomendasi PSU. Kalau ini kan sudah nyata, misalnya perlu melakukan penyelidikan hingga sampai penetapan apakah terjadi pelanggaran pidana atau tidak kalau. Ini kan sudah nyata sudah terang benderang,” kata anggota Bawaslu Provinsi Maluku, Zubair Petalolo kepada Kompas.com saat dikonfirmasi, Minggu (21/4/2019).

Terkait kasus ini, Bawaslu telah memerintahkan Bawaslu Kabupaten Maluku Tenggara untuk mengambil alih kasus tersebut.

Selanjutnya, Bawaslu berkoordinasi dengan aparat kepolisian setempat.

“Bawaslu Maluku Tenggara telah berkoordinasi dengan pihak kepolisian dan sementara sedang melengkapi berkas laporan kemudian akan menindaklanjuti ke Bawaslu provinsi,” ujar Zubair.

Menurut Zubair, soal apakah ada pemungutan suara ulang, pemilu susulan atau pemungutan suara lanjutan sejauh ini pihaknya belum mendapatkan laporan lengkap dari Bawaslu Maluku Tenggara.

Akan tetapi, dari kasus yang terjadi, dapat dipastikan bahwa akan ada pemungutan suara ulang di desa tersebut.

"Kalau rekomendasi PSU, kami belum dapat itu. Tapi harusnya begitu. Kami belum dapat laporan lengkap dan resmi dari Bawaslu di sana. Nanti setelah kami terima apakah di situ ada PSU atau pemilu susulan atau pemungutan suara lanjutan maka wajib ditindaklanjuti,” kata Zubair.

Halaman:
Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X