Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

#IndonesianElectionHeroes Pemilu 2019, 4 Petugas KPPS Sulsel Meninggal

Kompas.com - 20/04/2019, 09:46 WIB
Himawan,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

MAKASSAR, KOMPAS.com — Selama proses Pemilu 2019, empat petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di Sulawesi Selatan dinyatakan meninggal dunia.

Empat orang tersebut meninggal dunia karena mengalami kecelakaan saat bertugas dan sakit.

Komisioner KPU Sulsel Divisi Hubungan Masyarakat, Data, Informasi, dan Antarlembaga, Uslimin, mengatakan, empat petugas KPPS itu tersebar di sejumlah kabupaten di Sulsel, seperti Kabupaten Luwu Timur atas nama Ripto, Syamsuddin dari Bantaeng, Muh Iksan dari Maros, dan satu orang dari Luwu.

"Yang di Luwu itu saya lupa namanya, perempuan, kecelakaan sehari sebelum pencoblosan," kata Uslimin saat ditemui di kantor KPU Sulsel, Jumat (19/4/2019).

Baca juga: #IndonesianElectionHeroes, Hormat untuk Para Pahlawan yang Gugur Saat Pemilu

Tidak hanya meninggal dunia, Usle, sapaan akrabnya, juga menyebutkan beberapa petugas KPPS juga ikut sakit dan harus dirawat di rumah sakit demi menyukseskan kontestasi politik terbesar lima tahunan ini.

Bahkan, beberapa di antaranya mengalami cacat permanen saat bertugas beberapa hari sebelum hari pencoblosan tiba, seperti yang terjadi di daerah Pinrang yang kehilangan satu mata  karena terkena paku setelah mendirikan tenda TPS sehari sebelum pencoblosan. 


"Ada yang cacat. Sampai saat ini juga ada KPPS yang belum sadarkan diri dari Toraja, kemudian ada di Galesong Utara (Takalar) di Rumah Sakit Haji karena drop pada hari-H," katanya.

Baca juga: #IndonesianElectionHeroes, Kronologi Gugurnya Aiptu Stefanus akibat Tabrakan usai Amankan Pemilu

Ketua KPU Sulsel Misnah M Attas turut mengucapkan rasa duka mendalam terhadap penyelenggara di jajaran KPU Sulsel yang meninggal dunia serta sakit hingga cacat seumur hidup dalam proses pemilu.

"Kami turut berdukacita atas pengorbanan jajaran KPU Sulsel dalam menyukseskan proses pemilu," tutur Misnah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com