Hasil Pilpres 2019 di Sejumlah RSJ dan LP, Imbang di RSJD Solo hingga Jokowi Menang Tipis di TPS Ahmad Dhani

Kompas.com - 18/04/2019, 10:30 WIB
Sejumlah warga binaan Lapas Gunung Sindur menyalurkan hak politiknya di TPS 34, 35, 36, 37 Lapas Gunung Sindur Bogor Jawa Barat, Rabu (17/4/2019) IstimewaSejumlah warga binaan Lapas Gunung Sindur menyalurkan hak politiknya di TPS 34, 35, 36, 37 Lapas Gunung Sindur Bogor Jawa Barat, Rabu (17/4/2019)

KOMPAS.com - Perolehan suara Pemilu 2019 di sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) di lembaga pemasyarakatan dan rumah sakit jiwa di sejumlah daerah menarik untuk diikuti.

Pasangan calon presiden dan wakil presiden Jokowi-Ma'ruf unggul di TPS Rumah Tahanan Cipinang.

Sementara itu, pasangan Prabowo-Sandiaga menang telak di Lapas Nusakambangan.

Sementara itu, hasil Pilpres di Rumah Sakit Jiwa Daerah (RSJD) Surakarta ternyata pasangan Jokowi-Ma'ruf dan Prabowo-Sandiaga memperoleh hasil imbang.

Berikut ini fakta lengkap hasil Pilpres 2019 di lembaga pemasyarakatan (LP) dan rumah sakit jiwa ( RSJ) di sejumlah daerah:

1. Hasil Pilpres di RSJD Surakarta, Jokowi-Ma'ruf dan Prabowo-Sandi imbang

Hasil penghitungan suara di RSJD SurakartaDok. Pribadi RSJD Surakarta Hasil penghitungan suara di RSJD Surakarta

Perolehan suara Prabowo Subianto-Sandiaga Uno dan Joko Widodo-Ma'ruf Amin TPS 108 di Rumah Sakit Jiwa Daerah Surakarta, Jebres, Surakarta, sama kuat alias imbang.

Para pemilih merupakan pasien dengan gangguan jiwa yang telah mendapat izin mencoblos dari dokter.

Berdasarkan laporan C1 TPS 108 Jebres yang diterima Kompas.com dari Koordinator Humas RSJ Daerah Surakarta, Totok Hardiyanto, Rabu (17/4/2019) siang, kedua paslon sama-sama memperoleh 29 suara.

Total suara yang ada di TPS ini adalah 61 orang, 58 di antaranya dinyatakan sah, sementara tiga yang lain dinyatakan tidak sah karena berbagai hal.

Baca Juga: Hasil Pemilu di RSJ Daerah Surakarta, Jokowi dan Prabowo Imbang

2. Di RSJ Kalimantan Barat, Jokowi unggul

Salah seorang pasien dengan gangguan jiwa di RSJ Kalbar, mencelupkan jarinya ke tinta usai pencoblosan, Rabu (17/4/2019).KOMPAS.com/HENDRA CIPTA Salah seorang pasien dengan gangguan jiwa di RSJ Kalbar, mencelupkan jarinya ke tinta usai pencoblosan, Rabu (17/4/2019).

Joko Widodo-Ma'ruf Amin unggul dalam pemungutan suara di TPS 09 di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Kalimantan Barat, yang berada di Kota Singkawang, Kalimantan Barat.

Pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin mendapat 44 suara, sementara Prabowo-Sandi 17 suara. Sementara, 10 suara yang tidak sah.

Humas RSJ Provinsi Kalbar, Libertus Yonas mengatakan, jumlah pemilih yang memberikan suaranya ada 71 orang, termasuk pegawai rumah sakit 13 orang.

"Jadi ada 58 pasien rumah sakit yang memberikan hak suaranya," kata Libertus, Rabu (17/4/2019).

Menurut dia, sebenarnya ada sebanyak 181 orang dengan gangguan jiwa yang dirawat akan memberikan hak suaranya. Namun, sebelum pemilihan, sebagian sudah dijemput pihak keluarga.

"Secara umum, pemilih yang memberikan hak suaranya pada Pemilu 2019 adalah berasal dari Kalbar," ucapnya.

Baca Juga: Jokowi-Ma'ruf Unggul di RSJ Kalimantan Barat

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X