Di TPS Wagub Sumut, Jokowi Menang Telak

Kompas.com - 17/04/2019, 19:23 WIB
Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah di TPS 06, Rabu (17/4/2019) Dok: Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provinsi SumutWakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah di TPS 06, Rabu (17/4/2019)

MEDAN, KOMPAS.com - Calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01 Joko Widodo ( Jokowi)-Ma'ruf Amin kembali meraih kemenangan di Kota Medan.

Pasangan Jokowi-Ma'ruf meraih 149 suara di Tempat Pemungutan Suara ( TPS) 06 di Komplek Cemara Asri, PPS Sampali, Percutseituan, Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara.

TPS ini merupakan tempat Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah mencoblos. Pasangan Prabowo-Sandi hanya mendapat dua suara. Total suara yang dihitung sebanyak 156 dengan 5 di antaranya rusak.

Baca juga: Prabowo-Sandi Menang Telak di TPS Gubernur Sumut Edy Rahmayadi

TPS 10 Kelurahan Madras, Kecamatan Medan Polonia, Kota Medan yang merupakan lokasi Djarot Saiful Hidayat mencoblos.

Jokowi-Ma'ruf Amin kembali menang telak dengan memperoleh 106 suara sedangkan Prabowo-Sandi hanya 14 suara dari total 120 jumlah pemilih.

Djarot mengaku mencoblos di Medan karena sudah memiliki KTP Medan, sekaligus dirinya menjadi calon legeslatif DPR RI Daerah Pemilihan Sumut 3 dari PDI Perjuangan.

Dia mengaku banyak yang mendoakan dirinya bisa mewakili masyarakat Sumut ke Senayan dan Jokowi jadi presiden satu periode lagi.

Baca juga: Bawaslu Temukan Dugaan Praktik Politik Uang Paling Banyak di Jabar dan Sumut

Sebelumnya, Prabowo-Sandi menang telak di TPS 46, TPS-nya Gubernur Sumut Edy Rahmayadi.

Selisih kemenangan begitu jomplang, Prabowo-Sandi mendapat 128 suara sedangkan pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01, Joko Widodo-Ma'ruf Amin hanya mendapat 46 suara dari total 172 pemilih.

Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di TPS 46, Kasyiati membenarkan kemenangan tersebut. Dia menyebutkan, Daftar Pemilih Tetap (DPT) di TPS 46 sebanyak 172 orang. 

"Jumlah suara sebanyak 155 orang, surat suara semua sah tidak ada yang tidak sah. Artinya ada yang tidak menggunakan hak pilihnya alias golput,” kata Kasyiati, Rabu (17/4/2019).

Baca juga: Wali Kota Medan Akui Lama di Bilik Suara, Ini Sebabnya

Kemenangan kembali diraih Prabowo-Sandi di TPS 112 tempat Wali Kota Medan Dzulmi Eldin mencoblos. Ketua KPPS pada TPS 112 Mushab, mengatakan, Prabowo-Sandi meraup 115 suara sedangkan Jokowi-Ma’ruf Amin sebanyak 84 suara.

“Satu suara tidak sah karena tidak dicoblos. Jumlah DPT di TPS 112 ini sebanyak 248 orang, dari data kita lihat ada 48 orang yang tidak menggunakan hak pilihnya,” kata Mushab.


Baca tentang


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X