Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di TPS Bupati Probolinggo Jokowi Menang, di TPS Wali Kota Prabowo yang Menang

Kompas.com - 17/04/2019, 18:52 WIB
Ahmad Faisol,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

PROBOLINGGO, KOMPAS.com - Dua kepala daerah di Probolinggo menggunakan hak pilihnya di TPS masing-masing Rabu (17/4/2019). Yaitu Bupati Probolinggo P. Tantriana Sari dan Wali Kota Probolinggo Hadi Zainal Abidin.

Tantri mencoblos di TPS 004 Kelurahan Sidomukti, Kecamatan Kraksaan, bersama suaminya Hasan Aminuddin. Saat kampanye Jokowi di GOR Kedopok Kota Probolinggo beberapa waktu lalu, Tantri hadir.

Dari penghitungan suara di TPS ini, duet Jokowi-KH Ma'ruf Amin unggul. Jokowi meraup 194 suara, sedangkan Prabowo-Sandi memperoleh 80 suara. Satu suara tidak sah.

Usai mencoblos, Hasan mengatakan tingkat partisipasi pemilih cukup tinggi di Kabupaten Probolinggo. Itu terlihat dari jalanan yang sepi saat waktu pencoblosan seperti suasana Lebaran.

Baca juga: Fakta Kampanye Jokowi di Probolinggo, Yakin Menang Usai Salaman dengan Wali Kota hingga Singgung Kekalahan di Pilpres 2014

Dari pantauan Kompas.com, jalur Pantura Probolinggo memang lengang. Toko-toko dan titik keramaian sepi sekali dari pengendara dan warga.

Sedangkan di Kota Probolinggo, Wali Kota Hadi Zainal Abidin mencoblos di TPS 20 Kelurahan Ketapang, Kecamatan Kademangan, bersama istrinya Aminah.

Hasil penghitungan suara, Prabowo-Sandi menang dengan jumlah 124 suara, Jokowi-Ma'ruf 100 suara.

Hadi mengaku mendapatkan kesulitan saat melipat surat suara. Ukurannya yang besar membutuhkan waktu tambahan untuk melipatnya.

Baca juga: Prabowo Unggul 7 Suara dari Jokowi di TPS Wali Kota Makassar

Hadi juga hadir pada kampanye Jokowi di GOR Kedopok. Jokowi yakin dirinya akan menang di Kota Probolinggo usai salaman dengan Hadi.

Saat mencoblos, Hadi mengenakan baju putih. Mantan anggota DPR RI inj juga tercatat sebagai Ketua DPC PKB Kota Probolinggo.

Berdasarkan rekapitulasi suara di KPU pada Pilpres 2014 lalu, Prabowo Subianto yang berpasangan dengan Hatta Rajasa saat itu memenangi suara warga di Kota Probolinggo. Prabowo-Hatta meraih 69.112 suara, sementara Jokowi-JK meraup 58.149 suara.

Sedangkan di Kabupaten Probolinggo, Jokowi unggul tipis dengan raihan suara 289.694 atau 50,84 persen. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com