Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

TPS Unik di Surabaya, Dijaga "Superhero"

Kompas.com - 17/04/2019, 15:22 WIB
Achmad Faizal,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Cara unik dilakukan Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) di Surabaya untuk menarik perhatian pemilih agar datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Di TPS 05, komplek Perumahan Pondok Benowo Indah, Kelurahan Babat Jerawat, Kecamatan Pakal, semua anggota KPPS menggunakan atribut superhero. Ada Batman, Superman, Capten America, hingga Spiderman.

Tak ayal, tidak hanya pemilih dewasa yang penasaran datang ke TPS tersebut, tapi anak-anak terpantau juga meramaikan TPS karena ingin melihat superhero. Sebagian besar pemilih yang berkeluarga membawa anak-anaknya ke TPS tersebut.

Iriandi, Ketua KPPS TPS 05, Kelurahan Babat Jerawat, Kecamatan Pakal, Kota Surabaya, mengatakan, atribut yang dikenakan anggota KPPS ternyata terbukti bisa menarik pemilih.

Baca juga: TPS Jokowi: Prabowo-Sandi 46 Suara, Jokowi-Maruf 109 Suara

"Hingga pukul 12 siang sudah 206 yang mencoblos, dari total 261 daftar pemilih yang tercatat. Syukur sudah 80 persen yang datang. Ini cukup efektif," katanya.

Di Pemilu 2019, tercatat 2.034.889 warga Surabaya ditetapkan masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Rinciannya, yakni jumlah pemilih laki-laki sebanyak 995.005 dan perempuan 1.039.884. Jumlah tersebut terbagi dalam 8.146 TPS di 31 Kecamatan se-Surabaya. 

Baca juga: TPS Unik Bertema Nusantara di Depok Jadi Spot Foto Instagramable

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com