Hari H Coblosan, Petugas PPS di Cianjur Kelimpungan Cari Surat Suara

Kompas.com - 17/04/2019, 14:15 WIB
Pendistribusian logistik pemilu di Kab. Cianjur masih dilakukan pada hari H pencoblosan KOMPAS.com/FIRMAN TAUFIQURRAHMANPendistribusian logistik pemilu di Kab. Cianjur masih dilakukan pada hari H pencoblosan

CIANJUR, KOMPAS.com - Kisruh pendistribusian logistik Pemilu 2019 di wilayah Kabupaten Cianjur berlanjut hingga hari H atau hari coblosan, Rabu (17/04/2019).

Pasalnya, sejumlah anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) masih kelimpungan mencari kekurangan surat suara dan perlengkapan logistik lainnya di gudang 2 KPU Cianjur di Bale Rancage, Cianjur, Jawa Barat

Pantauan Kompas.com di gudang logistik Bale Rancage hingga pukul 13.30 WIB sejumlah petugas PPS masih mendatangi gudang logistik untuk meminta kekurangan logistik pemilu.

Akibatnya, beberapa TPS di wilayah kecamatan Cianjur kota dan Cilaku terpaksa memundurkan jadwal pencoblosan.

Baca juga: Pakai Heli, Kapolda Jawa Barat Cek Kesiapan Pemilu 2019 di Cianjur

 

Pantauan dibeberapa TPS di wilayah kota, pencoblosan mulai dilaksanakan pukul 08.00 WIB bahkan ada yang baru dimulai pukul 10.00 WIB.

“Kita kurang form C1 plano pilpres dan beberapa surat suara. Sudah dapat hanya yang surat DPRD Propinsi tidak dapat, tidak tahu mau bagaimana, sekarang amankan saja dulu yang ada yang kurangnya,” kata Iyang seorang petugas PPS saat ditemui di gudang logistik Bale Rancage, Cianjur, Rabu (17/04/2019).

Senada, Diki, Ketua Kelompok Panitia Pemungutan Suara TPS 92 Kelurahan Sayang, Kecamatan Cianjur, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat mengaku terpaksa jemput bola ke gudang KPU karena surat suara untuk DPRD Propinsi tidak ada sama sekali.

"Jumlah kebutuhan TPS kami 232 lembar, tapi ini hanya dapat 100 lembar di gudang logistik KPU Cianjur. Sisa kekurangannya, tidak tahu harus bagaimana,” ucapnya di lokasi yang sama.

Baca juga: Jelang Coblosan, Jumlah Kotak Suara yang Rusak Di Cianjur Bertambah

Petugas PPS di Kab. Cianjur, Jawa Barat menaikkan kotak suara ke atas motor dari gudang logistik, Bale Rancage, Cianjur, Rabu (17/04/2019) padahal jadwal pencoblosan sedianya harus sudah dimulaiKOMPAS.com/FIRMAN TAUFIQURRAHMAN Petugas PPS di Kab. Cianjur, Jawa Barat menaikkan kotak suara ke atas motor dari gudang logistik, Bale Rancage, Cianjur, Rabu (17/04/2019) padahal jadwal pencoblosan sedianya harus sudah dimulai
Plt Bupati Cianjur, Herman Suherman saat meninjau gudang logistik KPU Cianjur mengaku sedih melihat kondisi tersebut.

Herman bahkan terlihat turut membantu petugas PPS memasukan kebutuhan logistik ke dalam plastik dan dus.

"Namun tentunya kita tetap berharap yang terbaik dalam proses (pemilu) ini. Semoga pelaksanaannya di Cianjur berjalan aman dan kondusif," ujarnya kepada wartawan di Bale Rancage, Rabu (17/04/2019) siang.

Ketua KPU Kabupaten Cianjur, Hilman Wahyudi mengatakan, pihaknya terus berupaya keras untuk memenuhi kekurangan logistik yang diminta TPS saat ini.

Baca juga: Di Cianjur, Bawaslu Temukan Pengemasan Logistik Pemilu di Luar Gudang

Kekurangan logistik pemilu yang dominan, sebut dia, diantaranya pada surat suara, form C1 plano, kotak suara, termasuk beberapa kelengkapan logistik lainnya.

"Kita terus kordinasi dengan TPS-TPS yang sekira ada kelebihan surat suara untuk segera mengirimkan ke gudang agar bisa segera didistribusikan ke TPS yang mengalami kekurangan,” imbuhnya.

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X