Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Sukoharjo Ditemukan 12 Surat Suara Pilpres Berlubang

Kompas.com - 17/04/2019, 13:33 WIB
Muhlis Al Alawi,
Rachmawati

Tim Redaksi

SUKOHARJO, Kompas.com - Sebanyak 12 surat suara pilpres ditemukan berlubang di TPS 10 Wironanggan, Kecamatan Gatak, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, Rabu ( 17/4/2019).

Komisioner Bawaslu Sukoharjo Divisi Data Hukum dan Informasi, Muladi Wibowo saat dikonfirmasi Kompas.com, membenarkan temuan 12 surat suara pilpres yang berlubang. Muladi menyebut surat suara pilpres yang berlubang bukan karena tercoblos.

"Lubang pada surat suara pilpres itu bukan karena tertusuk. Kalau ditusuk pasti ada bekasnya dan kalau diraba ada terasa," kata Muladi.

Baca juga: Surat Suara Terlambat Datang, TPS Tempat Wali Kota Medan Diprotes Warga

Muladi menyatakan, surat suara yang berlubang besarnya hanya sebesar lubang jarum jahit. Ia menduga, kertas surat suara pilpres itu berlubang karena ada kelemahan pada saat penyortiran surat suara.

"Bisa jadi karena problem sortir saja. Terkadang ada kertas terkena mesin kemudian berlubang. Kemudian dari awal kertasnya sudah cacat. Ada lubangnya," kata Muladi.

Muladi menambahkan, jumlah surat suara pilpres yang berlubang terdiri 10 surat suara yang berlubang untuk paslon capres-cawapres nomor urut satu. Sisanya, dua surat suara berlubang pada paslon capres-cawapres nomor urut dua.

Surat suara pilpres berlubang diketahui saat seorang pemilih, Joko Wismo Waluyo sekitar pukul 08.17 WIB  meminta ganti surat suara karena menemukan surat suara dalam kondisi berlubang. Kemudian, KPPS mengganti surat suara yang rusak tersebut.

Baca juga: Satu TPS di Prabumulih Tak Terima Surat Suara untuk Presiden dan Wapres

Dua jam kemudian, Wandhan Feri Ariyan petugas KPPS dan Rokhim petugas Linmas menemukan sembilan surat suara berlubang saat melakukan pengecekan dengan lampu handphone sebelum surat suara diberikan ke pemilih.

Terhadap temuan itu, Bawaslu memberikan masukan agar PPS meminta surat suara tambahan dan menyatakan 12 surat suara berlubang sebesar jarum menjadi surat suara rusak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com