Sri Sultan HB X Ajak Warga Mencoblos dan Menolak "People Power"

Kompas.com - 17/04/2019, 11:26 WIB
Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X (Batik Merah Muda) Menunjukkan Lima Surat Suara di TPS 15 Kelurahan Panembahan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta. Rabu (17/4/2019). KOMPAS.com/MARKUS YUWONOGubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X (Batik Merah Muda) Menunjukkan Lima Surat Suara di TPS 15 Kelurahan Panembahan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta. Rabu (17/4/2019).

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DIY Sri Sultan HB X berharap warga Yogyakarta menggunakan hak pilihnya. Sultan berharap semuanya untuk menerima hasil pemilu dengan baik.

"Ya kalau saya mohon warga masyarakat Yogya (untuk) partisipasi (dalam pemilu) yang punya hak untuk memilih,"katanya usai mencoblos di TPS 15 Kelurahan Panembahan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta. Rabu (17/4/2019).

"Harapan saya lebih dari 80 persen lah menggunakan hak pilihnya," ucapnya.

Menurut raja Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat ini, menilai menang atau kalah dalam pemilu itu hal biasa. Sehingga semua harus menerima dengan baik.


Baca juga: Nyoblos Lima Kertas Suara, Sri Sultan HB X Butuh Waktu 10 Menit

Dirinya tak mempermasalahkan jika ada gugatan pemilu, karena diberika kesempatan dan dilindungi undang-undang.

Ketika disinggung mengenai adanya wacana people power yang sering diutarakan politisi senior Amien Rais, Sultan berharap tidak terjadi.

"( Pemilu) jujur dan adil kan, enggak ada alasan untuk mengatakan (pemilu) 'tidak sah'," katanya.

"Enggak lah. Ya saya kira nggak perlu lah (people power). Kita sebagai pejabat, bekas pejabat atau apapun tidak perlu menyampaikan-ngajari begitu. Sesuatu yang menumbuhkan gejolak, enggak sewajarnya" ucapnya.

Sultan percaya jika people power tidak akan terjadi di Yogyakarta.

"Enggak ada," ucapnya.

Baca juga: Pemuda Muhammadiyah Jabar Tolak Seruan People Power Amin Rais

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X