Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

500 Personel TNI/Polri Gelar Patroli Kesiapan Pemilu di Medan

Kompas.com - 17/04/2019, 00:13 WIB
Dewantoro,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

MEDAN, KOMPAS.com - Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto bersama Pangdam I/BB Mayjen TNI MS Fadhilah meninjau sejumlah tempat pemungutan suara (TPS) di sejumlah kawasan dii Kota Medan untuk memastikan kelancaran jalannya Pemilu 2019 pada Rabu (17/4/2019).

Pemantauan dengan patroli kendaraan bermotor ini diikuti oleh sekitar 500 orang personil TNI/Polri, serta jajaran Pemkot Medan, Selasa (16/4/2019) malam.

Pantauan di lapangan, patroli dimulai dari Lapangan Merdeka kemudian bergerak ke kawasan Jalan Asia dan meninjau beberapa TPS.

Baca juga: Meski Menegangkan, Jimly Yakin Pemilu 2019 Tetap Asyik

Di TPS tersebut, Kapolda dan Pangdam mengecek kesiapan personil TNI/Polri yang melakukan penjagaan. Keduanya, menyempatkan berbincang dengan warga setempat dan meminta agar masyarakat dapat berpartisipasi menjaga keamanan pemilu.

Selanjutnya, rombongan Kapolda dan Pangdam I/BB ini melanjutkan perjalanannya untuk mengecek TPS di Perpustakaan Daerah Provinsi Sumut, serta TPS yang berada di Istana Maimun di Jalan Brigjend Katamso.

Keduanya menemui Ketua KPPS untuk memastikan kesiapan dilangsungkannya pencoblosan esok.

Kepada wartawan, Agus mengatakan, kegiatan ini dilakukan untuk mengecek kesiapan pembangunan TPS dan juga pos pantau yang ada di wilayah Polrestabes Medan.

"Alhamdulillah situasi masih terkendali. Diimbau kepada masyarakat bahwa unsur pemerintahan daerah dan unsur pengamanan di Sumatera Utara siap untuk mengamankan tahapan pelaksanaan Pemilu pada saat pencoblosan dan penghitungan suara nanti," jelasnya.

Baca juga: 7 Kasus Politik Uang Jelang Pemilu, Uang Rp 1 Miliar di Mobil hingga Rp 500 Juta di Lobi Hotel

Pangdam I/BB Mayjen TNI MS Fadhilah menyampaikan, personil TNI yang berada di wilayah Kodam I/BB siap untuk membantu mem-backup kepolisian mensukseskan pemilu.

"Semua sudah kita cek beberapa contoh TPS, alhamdulillah semuanya menyatakan siap. Mudah-mudahan tidak ada hal yang mengganggu nanti, sehingga berjalan aman dan damai," tegasnya.

Di tempat yang sama, Wakil Wali Kota Medan Akhyar Nasution menambahkan, setelah dilakukan pengecekan diketahui bahwa distribusi C6 telah diberikan kepada semua pemilih. Sebanyak 6.000-an TPS di Kota Medan juga sudah siap.

"Dan masyarakat supaya dapat bergembira untuk melaksanakan pemungutan suara besok. Jadi mari kita gunakan hak suara kita esok dengan pilihan masing-masing," ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com