Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

RSJ Menur Surabaya Siapkan 309 Kamar untuk Caleg Gagal Terpilih

Kompas.com - 16/04/2019, 19:10 WIB
Ghinan Salman,
Candra Setia Budi

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Menur, siap melayani calon legislatif (caleg) yang gagal terpilih dalam Pemilu Legislatif 2019, khususnya bagi caleg yang mengalami gangguan jiwa.

Kepala Seksi Asuhan dan Mutu Keperawatan RSJ Menur, Basuni mengatakan, sudah menyiapkan sedikitnya 309 kamar rawat inap yang tersedia untuk warga yang mengalami gangguan jiwa, termasuk caleg yang gagal terpilih.

Jumlah 309 kamar itu, memiliki jenis kelas yang berbeda, mulai dari kelas I, II, III, VIP, hingga VVIP.

"Yang jelas, kami selalu siap menerima konsultasi rawat jalan ataupun rawat inap. Tidak hanya untuk caleg, tapi mungkin juga keluarganya," kata Basuni kepada Kompas.com, Selasa (16/4/2019).

Baca juga: Sebanyak 16 Pasien RSJ Grhasia Yogyakarta Akan Gunakan Hak Pilihnya

Pada Pemilu 2014 lalu, pihak RSJ Menur, kata Busani, kesulitan mendeteksi pasien, apakah itu para caleg yang gagal terpilih atau masyarakat umum.

Sebab, para pasien saat itu hanya mencantumkan pekerjaan swasta dalam data administrasi. Di sisi lain, pihak rumah sakit tidak hafal wajah-wajah para caleg yang maju di Pemilu 2014 lalu.

"Kebanyakan kalau orang-orang seperti (caleg) ini larinya ke psikiater yang praktik di rumah. Banyak juga psikiater yang punya rawat inap sendiri," ujarnya.

Baca juga: RSJ di Makassar Siap Tampung Caleg Gagal yang Depresi

Menurut Busani, stres dan gangguan jiwa itu bisa diatasi dan tergantung mekanisme setiap orang dalam melakukan pembelaan diri.

Namun, ia memahami bahwa tidak banyak orang yang bisa menerima keadaan. Terlebih, bagi kebanyakan caleg yang gagal terpilih setelah sebelumnya keluar banyak uang untuk modal kampanye.

"Tidak semua orang bisa menerima. Kadang ada yang mikir terus, karena banyak utang dan lain-lain. Ini yang akhirnya nggak tambah waras, tapi tambah stres," ucapnya. 

Baca juga: KPU Lakukan Sosialisasi Pemilu untuk Pasien RSJ Daerah Surakarta

Bila sudah terjun ke politik dan maju sebagai calon legislatif, lanjut dia, setiap peserta pemilu memang dianjurkan untuk membesarkan hati bila tidak terpilih.

Apalagi, menurut Busani, jumlah peserta pemilu pada Pileg 2019 di Jawa Timur, sebanyak 750 orang. Sedangkan kursi di DPRD Jatim, hanya ada 120 kursi.

"Nah sisanya (yang tidak terpilih) harus siap kalah. Hari ini (para caleg) sebenarnya sudah bisa melihat kekuatannya (menang atau kalah)," ujar Busani.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com