Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ridwan Kamil Siapkan Sayembara Pemilu 2019 Berhadiah Rp 120 Juta, Ini Syaratnya

Kompas.com - 16/04/2019, 17:10 WIB
Dendi Ramdhani,
Candra Setia Budi

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, membuat sayembara untuk memeriahkan Pemilu 2019 besok. Tak main-main, ia rela merogoh kocek pribadinya senilai Rp 120 juta bagi para pemenang.

Ada empat kategori lomba yang akan disayembarakan. Antara lain, Tempat Pemungutan Suara (TPS) terunik, TPS dengan partisipasi tertinggi, petugas TPS heroik, dan lomba swafoto setelah pencoblosan.

Emil sapaan Ridwan Kamil mengatakan, ada masing-masing kategori berhadiah, untuk juara pertama Rp 15 juta,  juara kedua Rp 10 juta, dan juara ketiga Rp 5 juta.

"Untuk petugas TPS yang terheroik, kami akan melihat dari versi media. Biar wartawan yang menentukan mana petugas TPS paling heroik," ujar Emil di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Selasa (16/4/2019).

Baca juga: Ridwan Kamil Minta Pemilihan Rektor Unpad Tak Berlarut-larut

Sementara untuk lomba swafoto, syaratnya warga bisa memperlihatkan jari dengan tinta tanpa memperlihatkan arah dukungan. Swafoto dipastikan di lakukan di luar TPS.

"Jadi selfienya harus di depan TPS bukan di bilik suara. Harus netral juga tidak memperlihatkan dukungannya," kata Emil.

Warga yang ingin berpartisipasi harus mengirimkan fotonya melalui akun Instagram dan dikirim ke Instagram pribadi Ridwan Kamil dan Humas Jabar dengan menyertakan tagar #PemiluJabarGembira.

Baca juga: Ridwan Kamil Ajak Media Beri Pendewasaan kepada Masyarakat

Sementara itu, Sekda Jabar Iwa Karniwa menjelaskan, hadiah untuk lomba itu murni berasal dari dana operasional gubernur.

Lomba itu pun digelar secara spontanitas sewaktu Emil, hadir dalam kegiatan Jabar Punya Informasi (Japri).

"Itu dana pribadi, dana operasionalnya beliau (Gubernur) dalam rangka pesta demokrasi yang diiringi kegembiraan, dana operasionalnya ini untuk pemilih dan penyelenggara. Ini spontanitas menggunakan operasional beliau," jelas Iwa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com