Lewati Longsor dan Cuaca Ekstrim, Cerita Petugas KPU Luwu Distribusikan Surat Suara ke Daerah Terpencil

Kompas.com - 16/04/2019, 17:04 WIB
Angkutan distribusi logistik di Kecamatan Bastem, Kabupaten Luwu sempat terkendala akibat longsor. Dok. KPU LuwuAngkutan distribusi logistik di Kecamatan Bastem, Kabupaten Luwu sempat terkendala akibat longsor.

LUWU, KOMPAS.com - Petugas dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan, mengebut distribusi logistik dengan mendistribusikan logistik dimulai dari daerah terpencil atau terjauh hingga ke daerah terdekat. Distribusi telah dilakukan sejak Senin (15/4/2019) hingga Selasa (16/4/2019).

Komisioner KPU Luwu Adly Aqsa mengatakan, distribusi logistik di dua kecamatan terjauh yakni Kecamatan Bastem dan Bastem Utara sempat terhambat akibat longsor.

Logistik pemilu akhirnya dipindahkan ke mobil lain.

“Yang ke Bastem ada longsoran di titik daerah Tongkonan sehingga harus mengevakuasi logistik mereka dan kemudian mentransfer logistik ke mobil yang lain, dan hari ini sudah normal, mobil sudah berjalan ke kecamatan,” ucap Adly, saat ditemui di Kantor KPU Luwu, Selasa.

Baca juga: Butuh 5 Jam Perjalanan Menggunakan 15 Gerobak Sapi Antar Logistik Pemilu di Lampung

Selain longsor, distribusi juga mengalami kendala karena cuaca ekstrim. Daerah tersebut diguyur hujan deras sehingga jalanan becek dan berlumpur. Hal itu mengakibatkan truk memuat logistik pecah ban sehingga harus menunggu sekitar empat jam di jalanan untuk memperbaiki ban mobil tersebut. 

Baca juga: 13 Jam Terjang Ombak Besar, Cerita Petugas KPU Bawa Surat Suara ke Pulau Terluar Indonesia

Distribusi logistik Pemilu 2019 hingga Selasa sore masih dilakukan ke semua kecamatan. Untuk daerah terdekat, yakni kecamatan terakhir adalah Kecamatan Belopa Utara yang berjarak 2 kilometer.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X