Viral Selebaran Berisi Ajakan Golput di Makassar, Ini Kata Bawaslu

Kompas.com - 16/04/2019, 16:50 WIB
Selebaran berupa ajakan Golput yang ditemukan di sepanjang Jalan di Kecamatan Panakukang, Makassar, Selasa (16/4/2019). Kompas.com/HIMAWAN Selebaran berupa ajakan Golput yang ditemukan di sepanjang Jalan di Kecamatan Panakukang, Makassar, Selasa (16/4/2019).

MAKASSAR, KOMPAS.com - Warga Kota Makassar, Sulawesi Selatan, digegerkan dengan beredarnya selebaran mengenai ajakan untuk tidak mencoblos pada pemilu 17 April 2019 besok.

Selebaran ini kemudian beredar cepat hingga viral di beberapa media sosial.

Selain mengajak untuk tidak memilih, dalam selebaran itu juga tertulis untuk tetap bekerja dan mengabaikan memilih para caleg yang di dalam selebaran dianggap tidak akan mengubah nasib rakyat.

"Tidak memilih adalah hak. Lebih baik pergi bekerja, berlibur, merayakan paskah dengan hikmat daripada memilih. Lebih baik pergi bekerja daripada datang ke TPS untuk memilih," demikian garis besar tulisan dalam selebaran ajakan golput yang beredar di media sosial.

Baca juga: Cegah Golput di Ambon, Ketua RT Diimbau Ajak Warga Datangi TPS

Selebaran ini pertama kali ditemukan warga di sepanjang Jalan Kesadaran Raya dan Jalan Haji Kalla, Kecamatan Panakkukang, Makassar.

Ada ratusan selebaran yang tersebar di halaman dan sekitar pagar rumah-rumah warga.

Para warga yang menemukan ini mengaku tidak mengetahui penyebar selebaran ini.

"Dari tadi pagi sudah banyak tersebar di jalan-jalan sampai di tempel di pagar. Barangkali, ada yang sebar waktu tadi malam," kata salah seorang warga bernama Imran di lokasi temuan, Selasa (16/4/2019) siang.

Baca juga: Mengapresiasi dan Merangkul Golput

Ketua Bawaslu Kota Makassar, Nursari saat dikonfirmasi mengenai selebaran itu mengatakan, kampanye ajakan seperti itu umumnya tidak bermasalah.

Menurutnya, masyarakat memiliki hak untuk menggunakan hak pilih atau tidak dan hal itu diatur undang-undang.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X