Butuh 5 Jam Perjalanan Menggunakan 15 Gerobak Sapi Antar Logistik Pemilu di Lampung

Kompas.com - 16/04/2019, 16:44 WIB
Sapi digunakan untuk mengangkut surat suara di Bengkunat Dok. Polsek BengkunatSapi digunakan untuk mengangkut surat suara di Bengkunat

BANDARLAMPUNG, KOMPAS.com - Mendistribusikan logistik untuk pemilihan umum (pemilu) ke daerah pedalaman di Lampung membutuhkan perjuangan.

Pada Senin (15/4/2019) sore, kepolisian dan TNI berjuang mengantar kotak dan surat suara ke pedalaman Lampung menggunakan bantuan sapi. Ada 15 gerobak sapi yang digunakan untuk mengantarkan logistik pemilu ke empat wilayah di Kabupaten Pesisir Barat, Lampung.

Keempat wilayah tersebut yaitu Way Haru, Way Tias, Siring Gading dan Bandar Dalam.

Sapi-sapi ini digunakan untuk melewati jalanan bertanah liat yang sulit diakses.

 

Sapi harus berjibaku untuk melewati tanah liat. Beberapa kali tubuh sapi harus terjatuh karena terjebak tanah liat yang begitu lengket. 

Kapolsek Bengkunat, Kabupaten Pesisir Barat, IPTU Ono Karyono mengatakan, medan yang terjal dan berlumpur membuat armada sapi sempat terhenti sejenak.

"Sapinya sempat mogok, lemas dan berhenti sejenak, mungkin karena kehausan, tetapi berjalan lancar dan sampai hari ini surat suara sudah tiba di masing-masing TPS," kata Ono kepada Kompas.com pada Selasa (16/4/2019).

Baca juga: 13 Jam Terjang Ombak Besar, Cerita Petugas KPU Bawa Surat Suara ke Pulau Terluar Indonesia

Ono mengatakan, pihaknya membutuhkan waktu lima jam untuk bisa sampai ke empat wilayah itu. 

Digunakannya sapi untuk mengangkut kotak dan surat suara karena tidak ada angkutan yang bisa mengangkut logistik pemilu tersebut. Akhirnya diputuskan untuk menyewa sapi milik warga.

Baca juga: Ratusan Ribu Surat Suara untuk NTT Diangkut 2 Pesawat Hercules

Sapi-sapi itu mengangkut 95 kota suara untuk didistribusikan ke 19 TPS di sana.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X