Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cegah Golput di Ambon, Ketua RT Diimbau Ajak Warga Datangi TPS

Kompas.com - 15/04/2019, 15:55 WIB
Rahmat Rahman Patty,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

AMBON, KOMPAS.com - Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy mengimbau seluruh warga yang telah memiliki hak pilih untuk datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) guna menyalurkan hak politiknya pada pemilu 17 April 2019 mendatang.

Imbauan ini disampaikan Richard kepada sejumlah wartawan seusai memimpin apel siaga tiga pilar kamtibmas dalam rangka menyongsong dan menyukseskan pelaksanaan pemilu yang berlangsung di kawasan Gong Perdamaian Dunia di Jalan Slamet Riyadi Ambon, Senin (15/4/2019).

“Kepada seluruh warga Kota Ambon yang punya hak pilih agar jangan lupa datang ke TPS untuk menyalurkan hak politiknya,” ajak Richard. 

Dia meminta agar pada waktunya nanti warga dapat datang ke TPS saat pencoblosan guna menyalurkan hak politiknya dan tidak menjadi bagian dari golput.

Baca juga: Wali Kota Ambon Minta Petugas Linmas Netral Jaga 900 TPS saat Pemilu

Richard mengatakan untuk meminimalisasi tingginya angka golput di Kota Ambon, dia akan menginturuksikan kepada seluruh lurah dan kepala desa serta Ketua RT dan RW di Ambon untuk mendatangi rumah-rumah warga guna mengajak mereka ke TPS pada saat pencoblosan.

“Kita akan ajak Ketua RT/RW, parah lurah untuk mamsimalkan ini. Saya mengajak mereka untuk jemput bola jadi mereka datang ke rumah-rumah warga lalu ajak masyarakat untuk datangi TPS nanti,”katanya.

Dia berharap angka partisipasi masyarakat untuk pencoblosan nanti lebih tinggi lagi sehingga kualitas pemilu di Kota Ambon dapat lebih baik.

”Kalau bisa mencapai 80 persen itu sangat ideal,” ujarnya.

Baca juga: KPU Kota Ambon Musnahkan 19.778 Surat Suara Rusak

Terkait persiapan pemungutan suara di Kota Ambon, Richard mengaku pihaknya akan ikut memantau semua tahapan baik distribusi logistic pemilu, pencoblosan hingga penghitungan suara.

”Besok saya dan pak wakil dan pejabat berwenang lainnya akan turun untuk memantau langsung kesiapan-kesiapan pemilu. Harapan kami semua berlangsung baik agar pemilu dapat bejalan dengan aman dan damai,” katanya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com