Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Surat Suara yang Tercecer di Riau, Bukan Milik Sumbar

Kompas.com - 15/04/2019, 13:59 WIB
Perdana Putra,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

PADANG, KOMPAS.com - Ketua Komisi Pemilihan Umum Sumatera Barat (KPU Sumbar) Amnasmen memastikan surat suara yang tercecer di Salo, Kabupaten Kampar, Riau, Minggu (14/4/2019) lalu bukan milik Sumbar.

"Dari informasi surat suara itu ditujukan untuk KPU Tanah Datar. Saya sudah cek ternyata untuk KPU Tanah Datar surat suaranya sudah lengkap. Tidak ada kekurangan," kata Amnasmen kepada Kompas.com, Senin (15/4/2019) di Padang.

Amnasmen tidak mau berspekulasi soal surat suara itu milik siapa. Kendati ditujukan ke KPU Tanah Datar dan isinya surat suara DPD dan DPR RI untuk daerah pemilihan Sumbar, namun nyatanya KPU Tanah Datar tidak kekurangan surat suara.

Baca juga: Satu Karung Surat Suara DPD Sumbar Ditemukan Tercecer di Riau

Untuk persoalan itu, pihaknya sudah berkoordinasi dengan KPU RI. Menurut Amnasmen, KPU RI langsung mengambil alih persoalan itu.

"Saya sudah koordinasi dengan KPU RI. KPU RI menyarankan agar KPU Sumbar fokus kepada persiapan yang tinggal dua hari lagi. Soal surat suara yang tercecer itu langsung ditangani KPU RI," ujarnya.

Seperti diberitakan sebelumnya ditemukan satu karung surat suara di bawah jembatan di Salo, Kabupaten Kampar, Riau pada Minggu (14/4/2019).

Surat suara itu ditujukan ke KPU Tanah Datar Sumatera Barat yang berisikan surat suara DPD dan DPR RI untuk daerah pemilihan Sumbar.

Baca juga: KPU Kota Ambon Musnahkan 19.778 Surat Suara Rusak

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com