Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bawaslu Makassar Kesulitan Tertibkan APK yang Dipasang di Lokasi Tinggi

Kompas.com - 15/04/2019, 13:04 WIB
Himawan,
Candra Setia Budi

Tim Redaksi

MAKASSAR, KOMPAS.com - Penertiban Alat Peraga Kampanye (APK) jelang hari pencoblosan di sejumlah titik kota Makassar, masih terus dilakukan Bawaslu Kota Makassar.

nertiban dilakukan sejak Minggu (14/4/2019) dini hari, saat masa tenang kampanye Pemilu 2019 dimulai.

Ketua Bawaslu Kota Makassar, Nursari mengungkapkan, penertiban tersebut berjalan lancar. Namun pihaknya kesulitan mencabut APK yang terpasang di lokasi ketinggian.

"Kalau hambatannya yang jelas adalah yang besar-besar (APK) yang tinggi itu, yang membutuhkan alat. Sedangkan alat kita kan terbatas," kata Nursari saat memberikan keterangan di kantor Bawaslu Makassar, Senin (15/4/2019).

Baca juga: Hari Kedua Masa Tenang, Banyak APK Terpampang di Sejumlah Titik di Padang

Untuk mengatasai hal itu, Nursari mengatakan, pihaknya akan bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Makassar, mengingat fasilitas dari jajaran Pemkot Makassar, cukup memadai untuk membantu sterilisasi APK tersebut.

"Pokoknya kita tidak lihat lagi ukurannya, harus steril semua. Tapi sampai sekarang kan masih ada yang terpasang karena keterbatasan alat untuk menurunkan itu. Nanti DLH bekerjasama dengan kita, dan dia membantu memberikan fasilitasnya yang mobil-mobil itu," imbuhnya.

Baca juga: Hari Kedua Minggu Tenang, Sejumlah APK Masih Terpasang di Jakarta Barat

Nursari mengakui, hingga kini masih ada APK yang belum ditertibkan. Namun ia menjamin pihaknya akan mencabut keseluruhan APK itu sebelum hari pencoblosan tiba.

Ia mengatakan, dengan kerja sama Pemkot Makassar, penertiban tersebut bisa diselesaikan selama tiga hari sebelum 17 April mendatang.

"Kita belum lihat listnya. Iya memang masih ada, mudah-mudahan dalam waktu dekat ini, misalnya sebentar malam sudah diturunkan semua. Sama harapan kita satu hari sebelum hari H itu semua harus steril semua tidak ada lagi APK," pungkasnya.

Baca juga: Masa Tenang, Ribuan APK di Medan Diturunkan

Bawaslu Kota Makassar, juga bekerjasama dengan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Makassar untuk melakukan pencopotan.

Dari sejumlah lokasi, APK yang menjadi fokus penertiban petugas terdapat di sekitar kawasan jalur strategis seperti Jalan Ahmad Yani, Jalan WR Supratman, Jalan Penghibur hingga ke titik-titik kecamatan yang belum disisir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com