Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Teriakan Sempat Terdengar dari Warung Tempat Eksekusi Korban

Kompas.com - 15/04/2019, 09:00 WIB
M Agus Fauzul Hakim,
Caroline Damanik

Tim Redaksi

KEDIRI, KOMPAS.com — Polisi menangkap AP dan AS, dua tersangka pelaku pembunuhan Budi Hartanto (28) yang mayatnya ditemukan tanpa kepala di Blitar, Jawa Timur. Dari pengungkapan itu, mutilasi dilakukan di wilayah Kediri.

Polisi menyebutkan, lokasi pembunuhan di sebuah warung kopi sekaligus rumah yang dikontrak oleh tersangka AP di Jalan Surya, Kecamatan Ringinrejo, Kabupaten Kediri.

Pantauan di lokasi, Sabtu (13/4/2019), rumah kecil yang dimodifikasi sebagai warung tersebut saat ini dalam kondisi tertutup rapat. Di sekitarnya terpasang garis polisi.

Beberapa pengendara motor tampak berhenti dan berkerumun di depan lokasi rumah itu untuk melihat dari dekat.

Baca juga: 5 Fakta Kasus Mayat Dalam Koper, 2 Orang Ditangkap hingga Korban Dibunuh di Warung Kopi

Menurut warga sekitar, rumah tersebut merupakan milik almarhum Bakir yang baru saja dikontrak seorang pemuda selama satu tahun. Tarif kontrak Rp 2 juta setahun.

"Tapi baru dibayar Rp 1 juta," ujar seorang warga yang enggan ditulis namanya, Sabtu.

Pemuda yang belakangan diketahui sebagai AS itu baru menempati rumah tersebut sekitar 10 hari. AS sempat berjualan mi dan nasi goreng di rumah itu setiap sore.

"Jualannya juga sepi," katanya.

Sujilah (60), tetangga yang tinggal tepat sebelah rumah warung, juga mengungkapkan hal sama. Dia secara pribadi juga tidak mengenal tetangga barunya itu.

"Aku enggak tahu dia siapa," ujar Sujilah.

Baca juga: Pembunuh Mayat Dalam Koper Ditangkap di Jakarta dan Kediri

Hanya dari pengamatannya, belakangan rumah itu memang ditinggali seorang pemuda dan ada beberapa pemuda lain yang juga datang ke rumah itu.

Sujilah menambahkan, sempat juga pada 3 April 2019 malam dia mendengar suara teriakan dari dalam rumah itu. Namun, dia tidak tahu apa yang terjadi selanjutnya.

Sebelumnya diberitakan, polisi menangkap AS saat berada di Jakarta dan AP di rumahnya di Kediri.

Dari penangkapan dua tersangka itu, petugas juga berhasil menemukan potongan kepala Budi Hartanto di sungai Desa Bleber, Kecamatan Kras, Kabupaten Kediri.

Baca juga: 10 Hari Hilang, Potongan Kepala Mayat dalam Koper Dimakamkan Satu Liang dengan Tubuhnya

Potongan kepala itu saat ini sudah dimakamkan di lubang yang sama dengan tubuh Budi di pemakaman umum Kelurahan Tamanan, Kota Kediri, Jumat (12/4/2019).

Kasus ini diawali dengan penemuan mayat tanpa kepala di dalam koper di pinggir sungai tepi jalan Desa Karanggondang, Kecamatan Udanawu, Kabupaten Blitar, pada 3 April 2019.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com