Satu Karung Surat Suara Pemilu 2019 Ditemukan di Bawah Jembatan di Kampar Riau

Kompas.com - 14/04/2019, 20:24 WIB
Surat suara pemilihan umum 2019 yang ditemukan Bawaslu Kampar di pinggir jembatan di Kecamatan Salo, Kabupaten Kampar, Riau (Dok.Bawaslu Riau)KOMPAS.com/ CITRA INDRIANI Surat suara pemilihan umum 2019 yang ditemukan Bawaslu Kampar di pinggir jembatan di Kecamatan Salo, Kabupaten Kampar, Riau (Dok.Bawaslu Riau)

PEKANBARU, KOMPAS.com - Satu karung besar berisi surat suara Pemilu 2019 ditemukan di bawah jembatan di Kecamatan Salo, Kabupaten Kampar, Riau, Minggu (14/4/2019).

Kini, surat suara tersebut diamankan di Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kampar.

Ketua Bawaslu Riau Rusidi Rusdan saat dihubungi Kompas.com membenarkan temuan surat suara tersebut.


"Ya, ditemukan satu koli surat suara di Kecamatan Salo, Kampar. Tapi kami belum tahu berapa jumlahnya, karena belum dihitung," ujar Rusidi, Minggu.

Baca juga: Satu Karung Surat Suara DPD Sumbar Ditemukan Tercecer di Riau

Dia juga mengatakan, belum mengetahui dari mana asal surat suara tersebut. Hanya saja, satu karung surat suara itu sudah diamankan warga di atas jembatan.

Berdasarkan informasi dari anggota Bawaslu Kabupaten Kampar Murhaliman, satu karung surat suara itu adalah surat suara tambahan untuk Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat (Sumbar).

"Suara ini adalah surat suara anggota DPD RI, DPR Dapil Sumatera Barat 1," sebut Rusidi.

Untuk itu, Bawaslu Riau telah koordinasi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau terkait temuan surat suara tersebut.

Rusidi menjelaskan, temuan surat suara ini berawal dari laporan Panwascam Salo sekitar pukul 10.15 WIB, Minggu. Anggota Bawaslu Kabupaten Kampar langsung menuju ke lokasi.

"Saat di lokasi, masyarakat sudah ramai dan anggota Bawaslu Kampar menemukan surat suara ini sudah berada di atas jembatan dan berada dalam koli," kata Rusidi.

Baca juga: Ini Alasan KPU Pangkas 255 TPS Menjadi 168 TPS di Kuala Lumpur

Menurut laporan Panwascam Salo, surat suara ini diangkat dari bawah jembatan oleh masyarakat setempat yang saat itu tengah melaksanakan gotong royong.

Selanjutnya, surat suara diamankan ke Bawaslu Kabupaten Kampar.

"Namun, kami belum tahu siapa orang yang pertama kali menemukan surat suara ini," ujar Rusidi.

Oleh karena itu, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan Polres Kampar untuk mengetahui kronologi awal temuan surat suara tersebut.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Terkini Lainnya

Close Ads X