Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

600 Desa di Jabar Segera Dapat Wifi Gratis

Kompas.com - 14/04/2019, 19:56 WIB
Sri Noviyanti

Editor

KOMPAS.com - Sebanyak 600 desa berkembang dan tertinggal di Jawa Barat segera terpasang wifi gratis. Hal itu dilakukan seiring dengan peluncuran Desa Digital di Desa Sirnarasa, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi, Minggu (14/4/19).

Lewat rilis yang diterima Kompas.com, Minggu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bersama Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, juga Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Indonesia Eko Putro Sandjojo, secara simbolis meluncurkan program disaksikan warga desa setempat.

Desa Digital bertujuan untuk menyediakan akses internet di desa yang sebelumnya tidak memiliki koneksi internet sama sekali. 

Harapannya, program tersebut dapat meningkatkan literasi masyarakat di berbagai bidang seperti pendidikan dengan memanfaatkan teknologi digital.

“Selain penyertaan infrastruktur dan peningkatan literasi digital, harapannya setiap desa juga mampu memanfaatkan kanal informasi dan komunikasi, seperti Instagram dan Whatsapp Group untuk berkomunikasi dengan perangkat desa dan mempromosikan potensi desa” ujar Emil, sapaan karibnya.

Dengan Desa Digital, warga desa khususnya generasi muda bisa belajar Bahasa Inggris melalui pelatihan secara online dengan pengajar dari luar negeri. 

Warga juga dapat menonton tayangan yang bermanfaat dengan pengaturan oleh kepala desa.

"Harapannya dapat membuka akses informasi, pendidikan, dan meningkatkan produktivitas juga pemasaran produk-produk lokal," ujarnya lagi.

Ia juga berharap internet dapat menstimulus badan usaha milik desa (BUMDes) dalam mempromosikan produk-produk lokal menggunakan saluran e-commerce atau market place.

Dengan sambungan internet, lanjutnya, BUMDes dapat bekerja sama dengan startup lokal menggunakan internet of things (IoT) untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi aktivitas ekonomi. 

“Saat ini giliran kesejahteraan masyarakat akan meningkat melalui inovasi digital,” kata Emil.  

Sebagai informasi, Desa Digital merupakan hasil kerja sama antara Pemerintah Provinsi Jawa Barat dengan Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI ) di bawah naungan Kementerian Komunikasi dan Informatika RI.

 

Wifi gratis untuk 600 desa di Jabar.Dok Humas Pemprov Jabar Wifi gratis untuk 600 desa di Jabar.

Dalam Desa Digital di Jabar, BAKTI berkomitmen menginstalasi Very Small Aperture Terminal (VSAT) yang terhubung dengan satelit di 600 desa yang memiliki indeks desa membangun (IDM) skala berkembang dan tertinggal. 

Saat ini 155 titik VSAT desa di 17 kabupaten dan kota telah berstatus on air setelah sebelumnya telah terinstalasi vendor swasta. Perangkat ini dipasang di balai desa, kantor desa, pesantren, sekolah, dan puskesmas. 

Saat ini Jabar memiliki 5.312 dengan beragam skala IDM. Dengan kerja sama pemerintah pusat, Emil berharap akan ada 1.000 desa per tahun yang terpasang wifi.  

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com