Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berpose Salam 2 Jari, Dua Pengawas TPS di Makassar Dipecat

Kompas.com - 14/04/2019, 16:21 WIB
Himawan,
Khairina

Tim Redaksi

MAKASSAR, KOMPAS.com - Apel siaga yang digelar Bawaslu Kota Makassar di Lapangan Karebosi, Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (14/4/2019) pagi tadi diwarnai pose dua jari dua pengawas TPS.

Di sela-sela apel, dua pengawas TPS tertangkap berfoto sambil berpose dengan menggunakan simbol khas dari pasangan capres-cawapres nomor urut 02. Foto ini kemudian beredar cepat di media sosial.

Ketua Bawaslu Kota Makassar Nursari saat dikonfirmasi membenarkan hal tersebut.

Baca juga: [HOAKS] Ketua Panwaslu Kuala Lumpur Berpose Dua Jari Dukung Prabowo-Sandiaga

Ia mengatakan, telah melakukan investigasi dan menemukan dua PTPS itu sengaja berpose seperti itu. Ia pun menegaskan akan mencopot kedua PTPS tersebut. 

"Setelah dapat infonya kami langsung telusuri dan ternyata oknum tersebut adalah PTPS di Kelurahan Parangloe, Kecamatan Biriangkanaya, Makassar," kata Nursari kepada Kompas.com.

Baca juga: Bawaslu Bantah Ketua Panwaslu Kuala Lumpur Pernah Foto Bersama Relawan Prabowo-Sandi

Nursari menambahkan proses penggantian dua anggota PTPS itu akan segera dilakukan. Ia mengindikasikan proses penggantiannya paling lambat dilakukan pada Senin 15 April besok.

Ia pun menegaskan tidak akan berkompromi dengan hal-hal yang dapat membuat kredibiltas Bawaslu Makassar dalam mengawasi pemilu dipertanyakan termasuk netralitas pihaknya.

"Karena kami tegas soal yang begini-beginian," tambahnya.

Sebelumnya Bawaslu Kota Makassar menggelar apel siaga di hari tenang jelang hari pencoblosan Pemilu pada 17 April mendatang. Apel ini diikuti 3998 petugas TPS, 45 orang PPK, dab 153 PPL.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com