Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lebih dari 1000 Orang Masih Mengungsi di Buko Selatan, Banggai Kepulauan

Kompas.com - 13/04/2019, 19:44 WIB
Rosyid A Azhar ,
Sabrina Asril

Tim Redaksi

GORONTALO, KOMPAS.com – Lebih dari 1000 orang warga desa masih mengungsi di perbukitan di wilayah Kecamatan Buko Selatan, Kabupaten Banggai Kepulauan, Sulawesi Tengah.

Mereka merasa belum aman pascagempa bumi 6,9 Magnitudo yang mengguncang kawasan timur Pulai Sulawesi dan sempat berpotensi tsunami.

“Data sementara pengungsi untuk wilayah Kecamatan Buko Selatan lebih dari 1000 jiwa,” kata Basri, Kepala Seksi Rekonstruksi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banggai Kepulauan, Sabtu (13/4/2019).

Baca juga: Gempa Besar Sulteng, Bagaimana Sejarah Mencatat Tektonik dan Tsunami?

Basri menjelaskan di malam hari,  warga pesisir akan menuju lokasi pengungsian di dataran tinggi karena khawatir gempa susulan hingga tsunami kembali terjadi.

“Warga di Desa Bongganan dan Desa Tompudau sebagian besar telah mengungsi di sekitar Masjid An-Nur Bukit Trikora,” ujar Basri.

Dalam keterbatasan hidup di pengungsian, warga masih diliputi ketakutan. Gempa susulan masih dirasakan. Hal ini yang menyebabkan mereka urung  pulang ke rumah.

Kepala Bappeda Banggai Kepulauan, Aris Susanto saat dikonfirmasi mengatakan pemerintah terus melayani kebutuhan warga di pengungsian, termasuk mereka yang sakit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com