Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Massa Relawan MMI Kawal Rombongan Ma’ruf Amin Menuju GBK

Kompas.com - 13/04/2019, 13:44 WIB
Robertus Belarminus

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Relawan Muda-Mudi Indonesia (MMI) akan mengawal rombongan calon wakil presiden Ma'ruf Amin menuju ke Glora Bung Karno (GBK), Jakarta, Sabtu (13/4/2019).

Antusiasme relawan dan santri untuk mengawal Ma'ruf Amin terlihat tinggi, terbukti dari jumlah massa yang bersiap mengawal cawapres nomor urut 01 itu, dari kediamannya, di Jalan Situbondo, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (13/4/2019).

Humas relawan Muda-Mudi Indonesia (MMI), Amin MF Fauzi mengungkapkan, ratusan relawan MMI turut mengawal rombongan Ma’ruf, dari Taman Kodok. Sementara, dia mengklaim ribuan relawan MMI lainnya, sudah bersiap menyambut kehadiran Ma’ruf di GBK.

Baca juga: Massa Berbaju Putih Pendukung Jokowi-Maruf Penuhi GBK

 

“Ada ratusan relawan MMI bergabung dengan rombongan Abah Yai. Sementara empat ribuan relawan lain bergabung dengan para peserta di GBK. Kami siap menyambut kehadiran Abah Kiai Ma’ruf bersama Bapak Jokowi,” ujar Amin, dalam rilisnya, Sabtu.

Amin meyakini, kampanye di GBK ini akan berjalan kondusif dan seru. Karena, para peserta di GBK, berasal dari berbagai elemen yang sama-sama sadar akan pentingnya menjaga Indonesia, beserta asetnya. Termasuk GBK sebagai aset kebanggaan rakyat Indonesia. 

"Kami ini santri, dan warga lintas agama yang cinta NKRI. Insya Allah kami akan menjaga agenda ini agar tetap kondusif namun tetap seru,” imbuh Amin.

Relawan yang mengawal rombongan Ma’ruf ini berasal dari DKI dan sekitarnya. Mereka berkumpul di Taman Kodok depan Rumah Situbondo, sejak pagi.

"Sementara puluhan ribu relawan dari daerah, langsung menuju GBK. Sebagian malah bermalam di sekitaran Senayan,” ujar Direktur Master C19, Doddy Dwi Nugroho.

Di lokasi, puluhan Habaib, Kiai sepuh, jawara dan para relawan akan mengawal keberangkatan Ma’ruf Amin menuju arena kampanye akbar, yang bertajuk Konser Putih Bersatu di GBK, Jakarta.

Sebelum berangkat, rombongan yang dipimpin oleh Ulama sepuh Banten, KH Abuya Muhtadi dan KH Nur Muhammad Iskandar,SQ, da'i senior penghafal Quran yang juga pengasuh Pondok Pesantren Assidiqiyah Jakarta itu, melakukan doa bersama di kediaman Ma’ruf.

Baca juga: Padati GBK, Massa Kampanye Akbar Tunggu Kedatangan Jokowi-Ma’ruf

“Keberangkatan rombongan Abah, diawali dengan doa bersama. Sebelumnya, sejak semalam, ada sejumlah santri melakukan khataman Quran bilghoib untuk mendoakan kelancaran kegiatan ini, juga mendoakan bangsa ini agar maju dan dilimpahi keberkahan,” ujar Ketua Dewan Pembina Master C, Gus Syauqi Ma'ruf Amin, yang turut mengawal ayahnya menuju lokasi kampanye.

Usai kampanye, Kiai Ma’ruf dan rombongan akan menuju Hotel Sultan untuk mengikuti debat capres-cawapres ke lima. Menurut Gus Syauqi, Kiai Ma’ruf telah mempersiapkan diri secara matang tentang berbagai materi debat.

“Abah biasa saja, mempersiapkan materi debat sambil tetap menjalani kesibukan harian. Sampai Kamis (11/4/2019) malam kemarin, kan Abah masih keliling kampanye. Hari Jumat Abah rehat, sambil membaca dan berdiskusi dengan sejumlah pihak,” imbuh dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com