Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Usai Banggai Kepulauan, Giliran Banggai Laut Diguncang Gempa 4,7 M

Kompas.com - 13/04/2019, 06:06 WIB
Rosyid A Azhar ,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

GORONTALO, KOMPAS.comGempa tektonik bermagnitudo 4,7 mengguncang Lantibung Kabupaten Banggai Laut, Provinsi Sulawesi Tengah, Jumat (12/4/2019).

Gempa yang terjadi pada pukul 23.59 Wita ini tidak berpotensi tsunami.

Rilis yang dikeluarkan Stasiun Geofisika Palu, menyatakan, hasil analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan informasi awal gempa bumi berkekuatan 4,7 magnitudo ini memiliki episenter pada koordinat 1.95 LS - 122.57 BT atau berlokasi di Teluk Tolo, 57 km arah barat Lantibung, Kabupaten Banggai Laut, Provinsi Sulawesi Tengah, pada kedalaman 10 km.

Baca juga: Pasca-gempa Banggai Kepulauan, Warga Masih Mengungsi di Dataran Ketinggian

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, tampak bahwa gempa bumi ini termasuk dalam klasifikasi gempa dangkal akibat aktivitas sesar lokal setempat,” kata Kepala Stasiun Geofisika Palu, Cahyo Nugroho, Sabtu (13/4/2019).

Akibat guncangan gempa ini, masyarakat melaporkan kekuatannya pada skala III MMI di Luwuk. Hasil pemodelan BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi tidak berpotensi tsunami. 

Baca juga: Pasca-gempa Sulteng, BMKG Belum Terima Laporan Kerusakan Bangunan

“Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” papar Cahyo Nugroho.

Cahyo Nugroho meminta warga untuk memastikan informasi resmi hanya yang bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi di Instagram, Twitter @infoBMKG, website www.bmkg.go.id, atau melalui Mobile Apps iOS dan Android @infobmkg.

Kompas TV Gempa bermagnitudo 6 koma 8 terjadi di Sulawesi Tengah, gempa terjadi pada pukul 18.40 Waktu Indonesia Bagian Barat. Sejumlah warga panik pasca gempa terjadi, akibat gempa warga di Luwuk Sulawesi Tengah berhamburan keluar rumah. Warga sempat panik setelah gempa menerjang sekitar pukul 18.40 WIB atau 19.40 Waktu Indonesia Tengah. #Gempa #SulawesiTengah #GempaLuwuk
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com