Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antisipasi Tsunami, Masyarakat Toili Diminta Mengungsi

Kompas.com - 12/04/2019, 19:49 WIB
Luthfia Ayu Azanella,
Bayu Galih

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengimbau  warga yang berada di Kecamatan Toili, Banggai, Sulawesi Tengah diminta untuk segera mengungsi.

Imbauan ini dibuat atas rekomendasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) setelah badan itu mengeluarkan peringatan tsunami dini pasca-gempa bermagnitudo 6,9 pada Jumat (12/4/2019) pukul 18.40 WIB.

Gempa terjadi di titik koordinat  1.90 Lintang Selatan, 122.54 Bujur Timur, di kedalaman 10 kilometer.

Dari keterangan tertulis BNPB yang diterima Kompas.com, kondisi saat ini yang bisa dilaporkan gempa terasa kuat di Kota Palu sekitar 6 detik. Masyarakat panik dan berhamburan keluar dari rumah.

Gempa juga terasa kuat di Kabupaten Luwu Timur sekitar 4 detik, dan Kabupaten Banggai. Daerah yang berpotensi terjadi tsunami adalah Kecamatan Toili, Kabupaten Banggai.

Selain itu, gempa berpotensi tsunami  terjadi di Kabupaten Morowali. Akan tetapi, saat ini pihak terkait belum berhasil dihubungi.

BMKG menyatakan gempa berpotensi tsunami dengan status peringatan Waspada.

Artinya Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota yang berada pada status Waspada diharap memperhatikan dan segera mengarahkan masyarakat menjauhi pantai dan sungai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com