Saling Klaim Kubu Jokowi dan Prabowo soal Dukungan Warga NU di Jatim

Kompas.com - 12/04/2019, 19:00 WIB
Dua pasangan calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto-Sandiaga Uno dan Joko Widodo-Maruf Amin saat acara pengambilan nomor urut di Kantor Komisi Pemilihan Umum, Jakarta, Jumat (21/9/2018). KOMPAS.COM/ KRISTIANTO PURNOMODua pasangan calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto-Sandiaga Uno dan Joko Widodo-Maruf Amin saat acara pengambilan nomor urut di Kantor Komisi Pemilihan Umum, Jakarta, Jumat (21/9/2018).

KOMPAS.com - Dukungan warga Nahdlatul Ulama ( NU) bagi masing-masing calon presiden dan calon wakil presiden di Pilpres 2019 dinilai akan berdampak signifikan bagi perolehan suara.

Tak heran baik kubu Jokowi-Ma'ruf maupun Prabowo-Sandiaga, khususnya di Jawa Timur, saling mengklaim mendapat dukungan dari kalangan NU.

Wakil Sekretaris TKD Jokowi-Ma’ruf Amin Jawa Timur, Sri Untari Bisowarno, mengatakan, ulama NU di Jawa Timur, telah memberikan dukungannya suaranya untuk Jokowi-Ma’ruf Amin.

Ulama besar dari NU, lanjut dia, telah memerintahkan semua alumnus, santri, dan keluarga besar masing-masing untuk mendukung Jokowi-Ma’ruf Amin.

Baca juga: Ikatan Sarjana NU Menyatakan Dukung Jokowi-Maruf Amin

Sebab, Jokowi pun menggandeng ulama, yakni Ma’ruf Amin, yang diyakini memiliki pengaruh kuat di NU.

”Kami menjadi lebih yakin dan lebih membesarkan hati dengan totalitas dukungan dari semua
elemen masyarakat,” kata Untari, dalam wawancara dengan Kompas.com, belum lama ini.

Untari yang juga Sekretaris DPD PDI-P Jawa Timur ini mengklaim, pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin sejauh ini sudah unggul di tiga wilayah kebudayaan di Jawa Timur, yakni Mataraman, Arek, dan Tapal Kuda.

Klaim yang sama diutarakan Ketua Harian BPP Prabowo-Sandi Jawa Timur, Anwar Sadad.

 

Peluang kemenangan Prabowo-Sandi di Jawa Timur, kata Anwar, juga terbuka dengan keyakinan ada dukungan kelompok akar rumput warga Nahdatul Ulama (NU) atau Nahdiyin di Jawa Timur.

Anggota Fraksi Gerindra DPRD Jatim ini meyakini, dukungan NU untuk pasangan calon nomor urut 01, Jokowi-Ma'ruf Amin, hanya dari ulama struktural NU.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X