PLN Bangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya Untuk Terangi 17 Pulau di Madura

Kompas.com - 12/04/2019, 11:03 WIB
General Manager PT Perusahaan Listrik Negara Distribusi Jawa Timur, Bob Saril KOMPAS.com/GHINAN SALMANGeneral Manager PT Perusahaan Listrik Negara Distribusi Jawa Timur, Bob Saril

SURABAYA, KOMPAS.com - PT Perusahaan Listrik Negara ( PLN) Distribusi Jawa Timur akan membangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) untuk 17 pulau di wilayah Madura

Madura dipilih karena sejumlah pulau kecil di ujung timur Pulau Madura itu belum sepenuhnya teraliri listrik, salah satunya di beberapa dusun di Pulau Kangen, Sumenep, Jawa Timur.

"Kebetulan ada beberapa dusun (di Kangean) yang belum teraliri listrik dan sekarang sedang proses kita bangun (jaringan listrik)," kata General Manager PT PLN Distribusi Jatim Bob Saril di Gedung Grahadi, Surabaya, Kamis (11/4/2019) malam.

Bob Saril mengaku sudah menanam jaringan listrik di Pulau Kangean tersebut dan pada Juli 2019 proses pembangunan jaringan listrik tersebut akan dikerjakan lebih detail lagi.


Baca juga: PLN Distribusi Jatim Jamin Pasokan Listrik di 130.010 TPS Lancar

Terkait pembangunan PLTS, nantinya akan menggunakan baterai agar bisa digunakan secara komunal di beberapa kepulauan yang ada di Kabupaten Sumenep.

"Sekarang projectnya (PLTS) sudah on going. Jadi nanti rencananya selesai di bulan Juni nanti," tutur Bob Saril.

Jarak yang cukup jauh dan akses yang kurang memadai, kata dia, membuat pemasangan PLTS tidak bisa dilakukan dengan cepat.

Selain harus melewati laut, di sejumlah pulau itu juga tidak ada kapal besar, sehingga PT PLN Distribusi Jawa Timur harus menyewa kapal khusus untuk mengirim barang.

"Celakanya kalau kita sewa khsusus dan ada ombak besar, dari Syahbandar enggak boleh karena rawan. Memang tidak mengizinkan. Jadi terkendala itu," ujar dia.

Baca juga: PLN Rugi Rp 7,9 M Akibat Banjir Sentani, Fokus Perbaikan Transmisi

Meski demikian, Bob memastikan bahwa pada Juni mendatang PLTS tersebut sudah bisa diaktifkan atau dinikmati masyarakat kepulauan di Madura.

"Untuk tarif listrik satu harga. PLN itu seluruh Indonesia sama tarifnya. Mau di Papua, Aceh, semua sama," jelasnya.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X